PERBEDAAN PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT DAN ACTIVE LEARNING TIPE INFORMATION SEARCH TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTS. MIFTAHUL ULUM JARAKKULON JOMBANG

INDANA ZULFA, 12201193351 (2023) PERBEDAAN PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT DAN ACTIVE LEARNING TIPE INFORMATION SEARCH TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTS. MIFTAHUL ULUM JARAKKULON JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Pengaruh Strategi Active Learning Tipe Card Sort dan Active Learning Tipe Information Search Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs. Miftahul Ulum Jarakkulon Jombang” ini ditulis oleh Indana Zulfa, NIM. 12201193351, yang dibimbing oleh Dr.Hj.Luluk „Atirotu Zahroh, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Card Sort dan Information Search, Keaktifan Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang sering terjadi dalam sebuah pendidikan. Seringkali kita melihat pembelajaran tidak efektif yang disebabkan oleh beberapa hal, yaitu: siswa merasa bosan dengan strategi pembelajaran yang monoton dan dalam proses pembelajaran selama ini hanya sebatas pada upaya menjadikan anak mampu dan terampil mengerjakan soal-soal yang ada sehingga pembelajaran yang berlangsung kurang bermakna dan membosankan bagi siswa, dengan begitu hasil keaktifan siswa rendah, terlebih lagi dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Oleh karena itu seorang pendidik harus mampu menciptakan pembelajaran yang efektif, dan salah satu hal yang dapat dilakukan pendidik untuk meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran adalah pendidik mengembangkan penggunaan strategi. Strategi yang diterapkan tentunya harus disesuaikan dengan kondisi kelas. Dalam, skripsi ini penulis menguji strategi yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran tersebut adalah strategi active learning tipe card sort dan active learning tipe information search. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: Adakah perbedaan pengaruh strategi active learning tipe card sort dan active learning tipe information search terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTs. Miftahul Ulum Jarakkulon Jombang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi active learning tipe card sort dan active learning tipe information search terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTs. Miftahul Ulum Jarakkulon Jombang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitinnya adalah eksperimen semu (Quasi). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 dan VII-2 dengan teknik sampling nonrandom sampling, berupa judgment sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Ada perbedaan pengaruh strategi active learning tipe card sort dan active learning tipe information search terhadap keaktifan siswa yang dapat diketahui dari hasil analisis data yang telah didapatkan. Dalam analisis data dengan uji beda berupa independent sample test. Hasil analisis yang didapatkan dari uji independent sampel test bahwa antara strategi active learning tipe card sort dan active learning tipe information search terhadap keaktifan ada perbedaan signifikan, karena dapat diketahui bahwa nilai thitung > t-tabel sebesar 3,832 > 2,069 dengan nilai sig (tailed-2) 0,000 sehingga nilai sig. 0,000 < 0,05. Dan dari analisis data tersebut dapat diketahui bahwa strategi yang lebih efektif digunakan untuk keaktifan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak adalah strategi active learning tipe card sort.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193351 INDANA ZULFA
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:39
Last Modified: 10 Oct 2023 08:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40937

Actions (login required)

View Item View Item