PENGARUH KEDISIPLINAN BERIBADAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG

KHUSNUL NUR AZIZAH, 12201193122 (2023) PENGARUH KEDISIPLINAN BERIBADAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Kedisiplinan Beribadah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung" ini ditulis oleh Khusnul Nur Azizah, NIM. 12201193122, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Prof. Dr. Sokip, M.Pd.I., NIP. 197104202000031004. Kata Kunci: Kedisiplinan, Ibadah dan Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kemunduran kedisiplinan siswa di zaman sekarang. Teknologi yang berkembang semakin pesat tak luput dari dampak positif dan negatif yang diberikan. Dampak negatif yang diberikan diantaranya yakni kemunduran moral utamanya kedisiplinan siswa, kedisiplinan merupakan kaidah penting yang harus dimiliki siswa agar mendapatkan prestasi belajar yang memuaskan. Dampak dari krisis moral tersebut, siswa dapat melakukan pembentengan diri dengan memperbanyak ibadah. MTs Negeri 7 Tulungagung menerapkan bentuk kegiatan kedisiplinan beribadah yakni disiplin beribadah dalam sholat dhuha dan membaca surah yasin. Rumusan masalah dalam penelitan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh kedisiplinan beribadah shalat Dhuha terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung. (2) Adakah pengaruh kedisiplinan beribadah membaca surah Yasin terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung, (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama kedisiplinan beribadah shalat Dhuha dan membaca surah Yasin terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh kedisiplinan beribadah shalat Dhuha terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh kedisiplinan beribadah membaca surah Yasin terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung, (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh secara bersama-sama kedisiplinan beribadah shalat Dhuha dan membaca Surah Yasin terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, dan jenis metode penelitian asosiatif dengan populasi 303 siswa kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung dan sampelnya sebanyak 60 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling secara acak melalui excel. Penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai kedisiplinan beribadah siswa kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung, sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, nilai raport dan dokumen sekolah. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas. normalitas, linearitas, monokolinearitas, heteroksidastisitas, regresi linear berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25,0 for windows. Hasil penelitian ini pertama, ada pengaruh antara Kedisiplinan Beribadah Shalat Dhuha terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung yang di tunjukkan dari nilai T hitung (3,436) > T tabel (2,002), juga dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Hasil uji t-test tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan besaran pengaruh yang diberikan sebesar pengaruh sebesar 16,9% dan selebihnya 83,1% dipengaruhi oleh faktor yang lain. Kedua, ada pengaruh antara kedisiplinan beribadah membaca surah Yasin terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung yang di tunjukkan dari hitung T hitung (2,629) > Ttabel (2,002). Hasil uji t-test tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Pengaruh yang diberikan sebesar 10,6% dan selebihnya 89,4% dipengaruhi oleh faktor yang lain. Ketiga, ada pengaruh antara kedisiplinan beribadah shalat Dhuha dan membaca surah Yasin terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung yang di tunjukkan dari nilai hitung F hitung (5,884) > F tabel (3,156). Hasil uji F-tes tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Pengaruh yang diberikan sebesar 17,1% dan selebihnya 82,9% dipengaruhi oleh faktor yang lain. Kesimpulan dari hasil diatas terdapat pengaruh kedisiplinn beribadah shalat Dhuha dan membaca surah Yasin terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193122 KHUSNUL NUR AZIZAH
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:20
Last Modified: 12 Oct 2023 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40943

Actions (login required)

View Item View Item