PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP ISLAM WATULIMO

NURUL HIDAYAH, 12208193012 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP ISLAM WATULIMO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Siswa Kelas VII SMP Islam Watulimo” ini ditulis oleh Nurul Hidayah, NIM. 12208193012, Pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : Model pembelajaran project based learning, hasil belajar, kreativitas, interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Model pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar dan kreativitas siswa karena siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan merupakan materi yang sulit dipahami apabila menggunakan model pembelajaran direct instruction karena perlu adanya kegiatan nyata oleh peserta didik agak pembelajaran dapat lebih bermakna bagi peserta didik. Inovasi pada model pembelajaran perlu dilakukan yakni dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning. Fase-fase dalam model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik pada proses pembelajaran sehingga diprediksi dapat meningkatkan pemahaman dan kreativitas melalui pengerjaan proyek yang ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model PjBL terhadap hasil belajar materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan siswa kelas VII SMP Islam Watulimo. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kreativitas materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan siswa kelas VII SMP Islam Watulimo. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar dan kreativitas materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan siswa kelas VII SMP Islam Watulimo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Experiment Design. Subjek dalam sampel adalah siswa kelas VII-A dan VII- B SMP Islam Watulimo yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunaan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan angket kreativitas siswa. Uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan sebagai uji prasyarat sebelum dilakukannya uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah independent t-test dan uji MANOVA Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa dengan sig 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa dengan sig 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. 3) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa dengan sig 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193012 NURUL HIDAYAH
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:05
Last Modified: 11 Dec 2023 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40950

Actions (login required)

View Item View Item