IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PENGUASAAN BACAAN AL-QUR’ĀN (Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur’ān (TPQ) Al-Fattah Pule Tanjunganom Nganjuk)

ANA LATHIFAH, 12201193297 (2023) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PENGUASAAN BACAAN AL-QUR’ĀN (Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur’ān (TPQ) Al-Fattah Pule Tanjunganom Nganjuk). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Ana Lathifah, NIM. 12201193297, 2023 M, Implmentasi Metode An-Nahdliyah dalam Penguasaan Bacaan Al-Qur’ān [Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur’ān (TPQ) Al-Fattah Pule Tanjunganom Nganjuk]”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing: Dr. H. Ali Rohmad, M.Ag., NIP: 196111101990011001. Kata kunci : Implementasi Metode An-Nahdliyah, Penguasaan Bacaan Al-Qur’ān. Fokus penelitian : 1. Bagaimana prosedur penetapan perencanaan metode an-Nahdliyah dalam penguasaan bacaan al-Qur’ān di TPQ Al-Fattah Pule Tanjunganom Nganjuk ?; 2. Bagaimana implementasi metode an-Nahdliyah dalam penguasaan bacaan al-Qur’ān di TPQ Al-Fattah Pule Tanjunganom Nganjuk ?; 3. Bagaimana dampak dari implementasi metode an-Nahdliyah terhadap penguasaan bacaan al-Qur’ān di TPQ Al-Fattah Pule Tanjunganom Nganjuk ?. Penelitian ini dengan dipandu teori Metode An-Nahdliyah, penulis belajar mengindahkan konstruksi “paradigma Islami (bayani, burhani, tajribi, dan ‘irfani)”, kendati perlu mengadopsi “paradigma postpositivistik-interpretif, pendekatan penelitian kualitatif, rancangan penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti: mulai Senin 9 Januari 2023. Sumber data : informan, peristiwa/aktivitas, dokumen/arsip, lingkungan Taman Pendidikan Al-Quran. Teknik pengumpulan data : Observasi-partisipan, Wawancara-mendalam, dan Dokumentasi. Data : Ringkasan Data. Prosedur analisis data : kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data : perpanjangan keikutsertaaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi sumber, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian : 1. Prosedur penetapan perencanaan metode an-Nahdliyah dalam penguasaan bacaan al-Qur’ān, adalah diawali dari ide kepala TPQ bernama Syamsuddin Al-Aly dengan mendapatkan respon baik dan didukung penuh oleh kepala Yayasan serta para guru dengan tujuan agar para santri TPQ Al-Fattah dapat menempuh waktu singkat untuk mengkhatamkan program 6 jilid dan PSQ kemudian disepakati dengan penyelenggaraan program diklat metodologi An-Nahdliyah bagi calon ustadz/ustadzah TPQ maupun ustadz/ustadzah TPQ, penyelenggaraan jam tambahan setelah pembelajaran bagi santri TPQ yang tidak mengikuti pembelajaran, dan penyelenggaraan kelas tambahan yakni kelas Al-Quran persiapan dan kelas wisuda. 2. Implementasi metode an-Nahdliyah dalam penguasaan bacaan al-Qur’ān, adalah untuk penguatan kecerdasan intelektual para santri TPQ program buku jilid mengenai ilmu tajwīd diselenggarakan pembelajaran membaca teks berbahasa al-Qur’ān dibiasakan memakai ketukan stik oleh ustadz/ustadzah TPQ, untuk penguatan kecerdasan emosional mereka mengenai keindahan menguasai bacaan al-Qur’ān pada buku jilid 1-6 halaman 9 diterapkan cara baca tahqiq dengan dibantu alat ketukan dan buku jilid 6 halaman 10 sampai khatam Al-Qur’an 30 Juz diterapkan cara baca tartil dengan irama rost, untuk penguatan kecerdasan psikomotorik mereka mengenai keterampilan makhārijul huruf diterapkan pembelajaran beriringan dengan pengenalan huruf hijaiyah, dan untuk penguatan kecerdasan spiritual mereka mengenai nilai-nilai akhlāq mahmūdah sekaligus akhlāq madzmūmah dibelajarkan nilai-nilai memberlakukan kitab suci Al-Qur’an berupa materi adabul qiro’ah. 3. Dampak dari implementasi metode an-Nahdliyah terhadap penguasaan bacaan al-Qur’ān adalah pemberantasan buta huruf Al-Quran, penguatan kemampuan para santri TPQ membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid, penguatan rasa cinta mereka terhadap Al-Quran, dan penguatan jiwa Qurani mereka dalam menegakkan tugas-tugas sebagai abdu Allāh dan khalīfah Allāh dalam kehidupan duniawiy yang semakin sarat persoalan dan problem.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193297 ANA LATHIFAH
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:00
Last Modified: 16 Oct 2023 05:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40951

Actions (login required)

View Item View Item