PANDU ATTARIS PRASETYO, 2811123186 (2016) KREATIFITAS GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (795kB) |
||
Text
BAB I skripsi.pdf Download (440kB) |
||
|
Text
BAB II Skripsi.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III skripsi.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV Skripsi.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V skripsi.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI Skripsi.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (215kB) |
Abstract
ABSTRAK Pandu Attaris Prasetyo, NIM.2811123186, 2016, “Kreatifitas Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumbergempol”, dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M.Ag. Kata kunci: Kreatifitas Guru Mata Pelajaran PAI Konteks Penelitian ini adalah bahwa masalah kreatifitas seorang guru merupakan masalah yang serius karena pendidikan agama Islam merupakan pondasi berpijak pada peserta didik guna menata kepribadian yang utuh. Karena kreatifitas erat sekali kaitannya dengan profesionalitas seorang guru, sebab guru yang profesional akan mudah mengembangkan pembelajaran di dalam kelas. Selain itu guru yang profesional tidak hanya mengusai materi tetapi jauh dari itu guru profesional memahami metode dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kreatifitas guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol? (2) Bagaimana kreatifitas guru pendidikan agama Islam dalam menentukan metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol? (3) Bagaimana kreatifitas guru pendidikan agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol?. Adapun tujuan dari penelitian yang akan dilakukan ini adalah; (1) Untuk mengetahui kreatifitas guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol, (2) Untuk mengetahui kreatifitas guru pendidikan agama Islam dalam menentukan metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol, (3) Untuk mengetahui kreatifitas guru pendidikan agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif.Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalahwawancara, observasidan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan langkah reduksi data, display data atau penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan mengeceknya dengan berbagai sumber data dan memanfaatkan berbagai metode agar pengecekan kepercayaan data dapat dilakukan.Dengan metode ini diharapkan memperoleh data-data yang kongkrit dan sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa,Kreatifitas guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pengembangan strategi di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung dapat disimpulkan bahwa seorang guru khususnya guru mata pelajaran PAI menggunakan kreatifitas yang dimilikinya untuk mengembangkan strategi pembelajaran sebaik mungkin guna mendongkrak semangat siswa dalam pembelajaran, profesionalisme seorang guru dan kreatifitas guru sangat dibutuhkan dalam pengembangan strategi dengan bahan ajar. Selanjutnya kesadaran seorang guru akan tujuan pembelajaran menjadi alasan utama dalam profesionalisme dan keterampilan guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran. dan yang terakhir guru PAI yang kreatif tidak hanya memperluas pengetahuan siswa dan menganjurkan siswa juga memiliki sumber belajar yang mendukung akan tetapi juga mempunyai kesadaran membimbing siswanya dalam hal spritualitas guna menjadi pribadi yang religius dan mempunyai akhlakul karimah. Kreatifitas guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam menentukan metode di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Seorang guru menjadi contoh atau suri tauladan bagi siswanya, guru yang kreatif dalam menggunakan metode pembelajarannya mampu membuat kegiatan pembelajaran yang membangkitkan kreatifitas siswa. Selanjutnya kemampuan guru dalam mengenali masing-masing karakteristik siswa supaya dapat mengontrol kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung, dan motivasi yang selalu di berikan oleh guru kepada siswa supaya semangat belajar mereka meningkat. Kreatifitas guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan pretasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Dalam pengunaan media pembelajaran sendiri guru pendidikan agama Islam menggunakan media elektronik baik komputer, hp, laptop, LCD proyektor baik yang ada di kelas – kelas, maupun yang ada di masjid, media cetak baik LKS, buku pegangan siswa, dan buku-buku lain yang relevan agar para siswa biasa merasa senang, nyaman dan tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang itu-itu saja semisal dengan metode ceramah. Serta hal ini bisa mengeksplore kemampuan siswa dalam penggunaan media baik media elektronik dan media cetak dalam mengamalkan atau mengaplikasikan materi – materi yang ada.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123186 PANDU ATTARIS PRASETYO |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 03:51 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 03:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4097 |
Actions (login required)
View Item |