KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PENDIDIK (Studi Multisitus di MTsN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri)

EMI ROSYIDAH, 12501175005 (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PENDIDIK (Studi Multisitus di MTsN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)

Abstract

Emi Rosyidah, 2023, Kepemimpinan Kepala Madrasah sebagai Manajer dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Pendidik (Studi Multisitus MTsN 1 Kediri dan MTsN 2 Kediri), Disertasi Doktor Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung .Promotor Prof. Dr.Ahmad Patoni, M.Ag dan Prof. Dr. Ngainun Naim, M.HI. Kata Kunci : Perencanaan, Implementasi, Evaluasi, Kompetensi Profesional Pendidik yang bermutu merupakan tonggak pendidikan yang berkualitas. Dalam rangka meningkatkan keprofesionalan pendidik Kepala Madrasah memiliki kewajiban meningkatkan kompetensi pendidik. Keberhasilan kepala madrasah sebagai manajer secara sistematis melakukan segala upaya dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik. Keberhasilan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi professional pendidik akan mempengaruhi metode, yang dipilih baik dalam perencanaan, implementasi rencana, dan evaluasi hasil oleh pendidik tersebut. Berdasar dari fenomena tersebut, penelitian ini menggali manajemen kepala madrasah dalam melakukan perencanaan, implementasi program, dan evaluasi program peningkatan kompetensi professional pendidik di MTsN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri. Rumusan masalah penelitian dalam disertasi ini adalah (1) Bagaimanakah perencanaan kepala madrasah?; (2) Bagaimanakah Implementasi kepala madrasah ? dan; (3) Bagaimanakah evaluasi kepala madrasah sebagai manajer dalam peningkatan kompetensi profesional pendidik?. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami, menggali dan menemukan serta mendeskripsikan: Perencanaan; Implementasi dan; Evaluasi kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik di MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Kediri. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis data individu dan analisis lintas situs. Pengecekkan keabsahan data dengan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan kedua situs melakukan perencanaan yang melibatkan partisipasi stakeholders pendidikan terutama dalam tahapan perumusan program, validasi program; implementasi program peningkatan kompetensi profesional pendidik dengan Menyusun evaluasi diri, program pendidik; penilaian kinerja guru (PKG), supervisi akademik, dan uji kompetensi. Tindaklanjut pengembangan kompetensi professional pendidik ditindaklanjuti dengan model kegiatan kolektif pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). berbentuk pendidikan dan latihan kemitraan dengan lembaga yang kompeten.

Item Type: Disertasi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501175005 EMI ROSYIDAH
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:20
Last Modified: 12 Oct 2023 08:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40971

Actions (login required)

View Item View Item