FAJAR HERFAN ZUANA, 17201163381 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM UPAYA MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI MTs. AL-MUHTADUUN JABUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (765kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Upaya Mengatasi Kenakalan Siswa di MTs Al-Muhtaduun Jabung”. Ini di tulis oleh Fajar Herfan Zuana. NIM 17201163381, Universitas Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Hj. Indah komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak, Upaya Mengatasi Kenakalan Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswa yang terjadi sebagai bentuk dari pengaruh perkembangan informasi dan arus globalisasi yang pesat. Pengaruh yang sangat luas dapat terlihat dari tingkah laku siswa yang semakin tidak menunjukkan akhlak yang baik (terpuji). Perlu dipahami dan disadari bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang nilai ajaran aqidah akhlak dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam bertingkah laku. Pembelajaran aqidah akhlak memiliki nilai lebih sehingga dapat digunakan sebagai alat atau cara dalam menanggulangi kenakalan siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini yang pertama Bagaimana Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Upaya Mengatasi Kenakalan Siswa Secara Preventif di MTs Al-Muhtaduun Jabung. Kedua Bagaimana Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Upaya Mengatasi Kenakalan Siswa Secara Represif di MTs Al-Muhtaduun Jabung. Ketiga Bagaimana Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Upaya Mengatasi Kenakalan Siswa Secara Kuratif di MTs Al-Muhtaduun Jabung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dimana ketiganya tersebut merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Pengendalian pembelajaran aqidah akhlak dalam menangulangi kenakalan siswa dilakukan dengan cara yang pertama evaluasi pembelajaran yang menggunakan tehnik tes dan non tes. Kedua Pengarahan dengan memberikan bimbingan dan motivasi. Lalu Implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa terdiri perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian. Pembelajaran aqidah akhlak memiliki nilai lebih sehingga dapat digunakan sebagai alat atau cara dalam menanggulangi kenakalan siswa. Nilai lebih dari pembelajaran aqidah akhlak kepada siswa yang pertama adalah pembelajaran aqidah akhlak menanamkan aqidah sebagai spirit dan kekuatan. Kedua pembelajaran aqidah akhlak dapat membentengi tingkah laku siswa. Ketiga pembelajaran aqidah akhlak menanamkan jiwa yang memiliki akhlak. Nilai lebih tersebut dapat digunakan sebagai cara atau upaya untuk menanggulangi bentuk-bentuk penyimpangan yang dilakukan oleh siswa yang disebut dengan kenakalan siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kenakalan Remaja Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163381 FAJAR HERFAN ZUANA |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 06:54 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 06:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41006 |
Actions (login required)
View Item |