ISNA NURIS SHOFA, 12206193101 (2023) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG BATOK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI TK AL-HIDAYAH KENDALREJO 03. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (846kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Isna Nuris Shofa, 12206193101, 2023, Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak di TK AL-Hidayah Kendalrejo 03. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Susanto, M.Or Kata Kunci : Motorik kasar, Permainan Tradisional Motorik kasar anak di sekolah kurang berjalan dengan baik dan optimal, serta memiliki kekurangan hal ini terlihat dari kurangnya kemandirian pada anak, sikap tanggungjawab pada anak, kurangnya rasa percaya diri pada anak, dan kurangnya perkembangan motorik. Dalam pembahasan ini adalah motorik kasar yakni gerakan yang melibatkan sebagian besar bagian tubuh sehingga memerlukan tenaga tenaga yang lebih besar. Fakta yang ada di lapangan tersebut antara lain beberapa anak kesulitan dalam melakukan gerakan lokomotor seperti berjalan jinjit, berjalan menggunakan tumit, melompat, meloncat, dan gerakan manipulatif seperti melempar, dan menangkap bola. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh permainan tradisional egrang batok terhadap kemampuan motorik kasar pada usia 5-6 tahun di TK AL-Hidayah Kendalrejo 03. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar seberapa besar pengaruh permainan tradisional egrang batok terhadap kemampuan motorik kasar pada usia 5-6 tahun di TK AL-Hidayah Kendalrejo 03. Berdasarkan rumusan masalah komparatif tersebut dapat dikemukakan hipotesis pada penelitian ini yakni ada pengaruh dalam kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional egrang batok. pada usia 5-6 tahun di TK AL-Hidayah Kendalrejo 03. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu permainan tradisional egrang batok (X), variabel terikat dalam penelitian ini adalah motorik kasar (Y). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan instrumen penelitian dengan menggunakan checklist. Analisis data menunjukkan hasil Uji T-Test perkembangan motorik kasar n-Gain untuk nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima, permainan tradisional egrang batok berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasar dibuktikan oleh sikap percaya diri, sikap saling interaksi sesama teman, dan rasa tanggung jawab pada anak. Bertambahnya kekuatan, koordinasi, kecepatan, keseimbangan, dan kelincahan tubuh setelah bermain permainan tradisional egrang batok.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12308193190 sayyidatina |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 01:55 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 01:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41028 |
Actions (login required)
View Item |