PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PEMAHAMAN MATERI IPA PESERTA DIDIK MI TARBIYATUL ISLAMIYYAH TENGGUR REJOTANGAN

SINTYA USWATUL MASRUROH, 12205193064 (2023) PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PEMAHAMAN MATERI IPA PESERTA DIDIK MI TARBIYATUL ISLAMIYYAH TENGGUR REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Media Flash Card terhadap Pemahaman Materi IPA Peserta Didik MI Tarbiyatul Islamiyyah Tenggur Rejotangan” ini ditulis oleh Sintya Uswatul Masruroh, NIM 12205193064, pembimbing Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata kunci: Media Flash Card, Pemahaman Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemahaman peserta didik dalam memahami suatu permasalahan yang bersifat konteks dalam mata pelajaran IPA. Serta penyampaian pendidik yang masih meggunkan metode ceramah yang menciptakan suasana membosankan juga peserta didik menjadi acuh terhadap penjelasan guru dan tidak memahami materi yang tersampaikan. Menyikapi hal tersebut peneliti beranggapan menggunakan media flash card pada proses pembelajaran dengan harapan mampu menarik perhatian dan meningkatkan pemahaman peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh signifikan penerapan media flash card terhadap pemahaman IPA peserta didik kelas V di MI Tarbiyatul Islamiyyah Tenggur Rejotangan? (2) Seberapa besar pengaruh signifikan penerapan media flash card terhadap pemahaman IPA peserta didik kelas 5 di MI Tarbiyatul Islamiyyah Tenggur Rejotangan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penerapan media flash card terhadap pemahaman IPA peserta didik kelas 5 di MI Tarbiyatul Islamiyyah Tenggur Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment atau eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyyah Tenggur Rejotangan yang berjumlah 48 siswa. Sampel yang digunakan dalam pengambilan data yaitu kelas V-B sebagai kelas kontrol dan kelas V-A sebagai kelas eksperimen yang masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah untuk uji prasyarat peneliti menggunakan uji normalitas dan homogenitas, sedangkan untuk uji hipotesis peneliti menggunakan uji Paired t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penerapan media flash card terhadap pemahaman IPA peserta didik kelas 5 di MI Tarbiyatul Islamiyyah Tenggur Rejotangan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji Paired t-Test dengan nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Jadi Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan Jika nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan nilai t tabel adalah sebesar 2.064. Data pemahaman kelas eksperimen dengan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 9.837 > 2.064 dan pada kelas kontrol sebesar 7.296 > 2.064. Besar pengaruh dari penggunaan media terhadap pemahaman dapat dilihat melalui mean pair 1 kelas kontrol yaitu 20.000 dan mean pair 2 kelas eksperimen yaitu 27.292 yangmana 27.292 > 20.000 dengan selisih perbandingan 7.292. Maka dapatdisimpulkan bahwa ada pengaruhnya penerapan media flah card terhadap pemahaman IPA peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyyah Tenggur Rejotangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193064 SINTYA USWATUL MASRUROH
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:29
Last Modified: 16 Oct 2023 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41036

Actions (login required)

View Item View Item