MIFTA SUKMA DEWI, 12211193032 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Materi Gelombang Bunyi Kelas XI SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek” ditulis oleh Mifta Sukma Dewi, NIM. 12211193032, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Discovery Learning, minat belajar, pemahaman konsep fisika Minat belajar dan pemahaman konsep fisika masih menjadi masalah yang cukup serius yang dihadapi oleh guru saat ini. Hal ini terlihat ketika pada hasil pembelajaran masih banyak siswa yang nilainya masih rendah. Beberapa sekolah saat ini menerapkan kurikulum 2013 yang menuntut guru untuk menerapkan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik, tetapi pada kenyataannya beberapa sekolah tidak menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut sehingga berimbas pada minat belajar dan pemahaman konsep fisika yang rendah. Oleh karena itu, diperlukan variasi model pembelajaran yang menuntut siswa untuk terlibat aktif dalam menemukan dan memecahkan masalah, mengumpulkan informasi, serta memanfaatkan informasi yang diperoleh. Salah satunya adalah dengan model pembelajaran Discovery Learning yang dengan kelebihannya tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pembelajaran posttest only non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek sejumlah 319 siswa dengan kelas kontrol XI IPA 5 sejumlah 35 siswa dan kelas eksperimen XI IPA 6 sejumlah 36 siswa. Kedua kelas sampel ini dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan rekomendasi guru fisika di sekolah dimana kedua kelas tersebut dirasa cukup kondusif untuk diterapkan model pembelajaran Discovery Learning dan kurikulum 2013 yaitu ceramah dan diskusi. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar dan tes pemahaman konsep dengan teknik analisis data yaitu uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji-t, dan manova. Hasil analisis data tersebut menunjukkan indikasi: (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat belajar yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. (2) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep fisika yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa materi gelombang bunyi kelas XI SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211193032 Mifta Sukma Dewi |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 03:57 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 03:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41054 |
Actions (login required)
View Item |