IRFA NUR HAMIDAH, 12211193033 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (726kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (141kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XI di MAN 3 Blitar” ini ditulis oleh Irfa Nur Hamidah, NIM. 12211193033, Jurusan Tadris Fisika (TFIS), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITIK) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci : Discovery Learning, Video Animasi, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan proses pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga membuat siswa kurang memahami makna belajar dan cenderung dapat menimbulkan rasa bosan sehingga berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu inovasi model pembelajaran berpusat pada siswa dengan melibatkan peran aktif siswa, salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan video animasi. Hal tersebut dapat memberikan kesempatan membangun pengetahuan dibenak mereka serta mempermudah siswa memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video animasi terhadap minat belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI di MAN 3 Blitar, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery Learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI di MAN 3 Blitar, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video animasi terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI di MAN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Quasi Eksperimen Desain dan bentuk penelitian Nonequivalent Control Group Design. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Uji analisisnya menggunakan uji t-test dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh model pembelajaran discovery Learning berbantuan video animasi terhadap minat belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI di MAN 3 Blitar, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, (2) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI di MAN 3 Blitar, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, (3) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video animasi terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI di MAN 3 Blitar, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211193033 Irfa Nur Hamidah |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 06:39 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 06:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41059 |
Actions (login required)
View Item |