PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI DI MAN 3 BLITAR

IRFA NUR HAMIDAH, 12211193033 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XI di MAN 3 Blitar” ini ditulis oleh Irfa Nur Hamidah, NIM. 12211193033, Jurusan Tadris Fisika (TFIS), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITIK) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci : Discovery Learning, Video Animasi, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan proses pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga membuat siswa kurang memahami makna belajar dan cenderung dapat menimbulkan rasa bosan sehingga berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu inovasi model pembelajaran berpusat pada siswa dengan melibatkan peran aktif siswa, salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan video animasi. Hal tersebut dapat memberikan kesempatan membangun pengetahuan dibenak mereka serta mempermudah siswa memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video animasi terhadap minat belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI di MAN 3 Blitar, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery Learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI di MAN 3 Blitar, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video animasi terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI di MAN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Quasi Eksperimen Desain dan bentuk penelitian Nonequivalent Control Group Design. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Uji analisisnya menggunakan uji t-test dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh model pembelajaran discovery Learning berbantuan video animasi terhadap minat belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI di MAN 3 Blitar, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, (2) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI di MAN 3 Blitar, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, (3) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video animasi terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI di MAN 3 Blitar, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193033 Irfa Nur Hamidah
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:39
Last Modified: 16 Oct 2023 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41059

Actions (login required)

View Item View Item