ERNAWATI NINGTIAS, 12205183070 (2023) PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan Judul “Pengaruh Kondisi Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung”. Ditulis oleh Ernawati Ningtias, NIM 12205183070. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyatul dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr.Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata kunci: Kondisi Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan utama dan pertama bagi anak, karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapatkan didikan dan bimbingan. Lingkungan keluarga yang mendukung dan dapat menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi. Motivasi berperan penting dalam terlaksananya proses kegiatan belajar mengajar. Sehingga hal ini dapat memicu proses peningkatan hasil belajar siswa. Peneliti ingin menghubungkan masalah lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh kondisi lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung?. (2) Adakah pengaruh kondisi lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung?. (3) Seberapa besar pengaruh kondisi lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung?. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, dengan jenis Korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur yang berjumlah 250 peserta didik, sampel yang diambil berjumlah 125 peserta didik. Teknik sampling menggunakan probability sampling yaitu sampel yang diambil secara random. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kondisi lingkungan keluarga serta motivasi beajar siswa. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel dan hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan uji Manova, yang sebelumnya telah diuji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan sinifikan antara kondisi lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi untuk motivasi belajar siswa adalah 0,007. Untuk hasil belajar siswa adalah 0,000, serta pengaruh secara bersama-sama motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa adalah 0,000 dan semua hasil ytersebut kurang dari 0,05. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Penelitian ini selaras dengan hipotesis (H 1 ), yaitu ada pengaruh kondisi lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Semakin baik kondisi lingkungan keluarga maka motivasi belajar dan hasil belajar yang dicapai siswa akan semakin meningkat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183070 ERNAWATI NINGTIAS |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 04:04 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 04:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41065 |
Actions (login required)
View Item |