PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs NEGERI 4 TRENGGALEK

DEVA DESTIA ANDARESTA, 12204183071 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs NEGERI 4 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (608kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kecemasan Matematika dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Negeri 4 Trenggalek” ditulis oleh Deva Destia Andaresta, NIM. 12204183071, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Kecemasan Matematika, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kecemasan yang dialami siswa menjadi salah satu faktor penghambat dalam belajar yang dapat mengganggu kinerja fungsi-fungsi kognitif, seperti dalam berkonsentrasi, mengingat, pembentukan konsep dan pemecahan masalah. Dimana hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Guru dapat mengambil langkah untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah 1) ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kecemasan matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Negeri 4 Trenggalek, dan 2) ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Negeri 4 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini mengarah pada Quasi Eksperimental. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Negeri 4 Trenggalek yang berjumlah 284 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kecemasan matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Negeri 4 Trenggalek. Hal ini dapat dilihat dari nilai sigifikansi 0,003 < 0,05, dan 2) ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Negeri 4 Trenggalek. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,039 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat menurunkan tingkat kecemasan matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183071 DEVA DESTIA ANDARESTA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:35
Last Modified: 16 Oct 2023 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41081

Actions (login required)

View Item View Item