PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII DI MTS NEGERI 4 TRENGGALEK

GHISELA PUTRI DAMAYANTI, 12204183068 (2023) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII DI MTS NEGERI 4 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat Belajar dan Frekuensi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas VII di MTs Negeri 4 Trenggalek” ditulis oleh Ghisela Putri Damayanti, NIM. 12204183068, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Minat Belajar, Frekuensi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang siswa untuk menemukan solusi dalam permasalahan matematis. kemampuan ini bukanlah suatu hal yang dapat dengan mudah untuk dipahami atau diperoleh siswa, perlu adanya banyak latihan dalam memecahkan masalah. Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat lebih berkembang dengan adanya minat belajar, seorang siswa akan lebih bersemangat dalam belajar, sehingga dengan semangat tersebut siswa akan melakukan latihan-latihan untuk memecahkan masalah. Kemampuan pemecahan masalah matematis juga dapat dikembangkan dengan mengatur frekuensi belajar. Dengan seringnya seorang siswa melakukan kegiatan belajar, maka ia akan mendapatkan pengalaman belajar yang baik sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis akan terasah dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun datar kelas VII di MTs Negeri 4 Trenggalek. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh frekuensi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun datar kelas VII di MTs Negeri 4 Trenggalek. 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar dan frekuensi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun datar kelas VII di MTs Negeri 4 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 4 Trenggalek. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling dengan menggunakan cara pengundian dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, tes dan dokumentasi. Intrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Analisis data hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji asumsi klasik sebagai uji prasyarat. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Adanya pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun datar kelas VII di MTs Negeri 4 Trenggalek sebesar 31,1%. 2) Adanya pengaruh frekuensi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun datar kelas VII di MTs Negeri 4 Trenggalek sebesar 25.9%. 3) Adanya pengaruh minat belajar dan frekuensi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun datar kelas VII di MTs Negeri 4 Trenggalek sebesar 35,3%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183068 GHISELA PUTRI DAMAYANTI
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:33
Last Modified: 16 Oct 2023 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41089

Actions (login required)

View Item View Item