PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA MTsN 2 TULUNGAGUNG

FATMA AFYATUL IMANIAR, 12207193114 (2023) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (946kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Akademik Dan Non Akademik Siswa MTsN 2 Tulungagung. Ini ditulis oleh Fatma Afyatul Imaniar NIM. 12207193114. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd, NIP. 19810801 200912 1 004 Kata Kunci: Keaktifan Siswa Dalam Ekstrakurikuler, Prestasi Akademik, Prestasi Non Akademik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan zaman yang serba cepat ini tidak hanya bisa diimbangi dengan kecerdasan otak semata tetapi juga harus memiliki skill (bakat). Untuk itu sekolah menyediakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai sarana penyalur bakat dan keterampilan siswa di sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian dari kegiatan pengembangan diri yang di rancang sekolah guna memenuhi kebutuhan belajar siswa. Tujuan khususnya adalah untuk menunjang pendidikan peserta didik di dalam mengembangkan bakat, minat, kreativitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan beragama, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian. Namun dibalik itu semua kesenjangan antara prestasi akademik dan non akademik siswa sering terjadi. Sehingga dalam penelitian ini peneliti mengangkat MTsN 2 Tulungagung yang terkenal dengan ekstrakurikulernya yang maju. Fokus peneliti dalam penelitian ini adalah (1) Apakah keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler berpengaruh terhadap prestasi akademik siswa MTsN 2 Tulungagung?, (2) Apakah keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler berpengaruh terhadap prestasi non akademik siswa MTsN 2 Tulungagung?, (3) Apakah keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler berpengaruh terhadap prestasi akademik dan non akademik siswa MTsN 2 Tulungagung? Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler MTsN 2 Tulungagung yang terdiri dari 618 siswa. Dengan Teknik Sampling proportionate stratified random sampling di peroleh sampel 243 siswa. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji MANOVA dengan bantuan SPSS For windows versi 25. Hasil Penelitian: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa dalam eksttrakurikuler terhadap prestasi akademik siswa di MTsN 2 Tulungagung yang dibuktikan dari nilai signifikansi untuk variabel prestasi akademik adalah 0.000 dan nilai tersebut tidak lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) dengan besaran pengaruhnya yaitu 65%. (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler terhadap prestasi non akademik siswa di MTsN 2 Tulungagung yang dibuktikan dari nilai signifikansi untuk variabel prestasi non akademik adalah 0,388 dan nilai tersebut lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,388 > 0,05) dengan besaran pengaruhnya yaitu 15,2%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik dan non akademik siswa di MTsN 2 Tulungagung yang dibuktikan dari nilai signifikansi dalam tabel Multivariate Tests adalah 0.000 dan nilai tersebut tidak lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Prestasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193114 FATMA AFYATUL IMANIAR
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:35
Last Modified: 25 Oct 2023 08:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41137

Actions (login required)

View Item View Item