PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG

VIRA NURUL IZZAH, 12205193160 (2023) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini didasari adanya kurangnya perhatian orang tua dalam pendidikan anak. Hal tersebut membuat siswa kurang mempunyai semangat dalam belajar. Lingkungan keluarga merupakan pendidikan utama bagi anak. Memberikan motivasi serta dukungan dalam proses belajarnya adalah hal yang penting untuk proses belajar anak. Kurangnya motivasi dan dukungan akan membuat hasil belajar anak kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di SDI Miftahul Huda Plosokandang; (2) Untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di SDI Miftahul Huda Plosokandang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDI Miftahul Huda Plosokandang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 45 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa. Sedangkan, dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Kemudian, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di SDI Miftahul Huda Plosokandang. Hal tersebut ditunjukkan pada nilai signifikan untuk motivasi belajar siswa adalah 0,000 < 0,05 dengan presentase sebesar 60,2%. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di SDI Miftahul Huda Plosokandang.Hal tersebut ditunjukkan pada nilai signifikan untuk motivasi belajar siswa adalah 0,034 < 0,05 dengan presentase sebesar 10%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193160 VIRA NURUL IZZAH
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:51
Last Modified: 25 Oct 2023 05:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41174

Actions (login required)

View Item View Item