STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA DAN MENGHAFAL JUZ AMMA MELALUI METODE TILAWATI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

SITI ‘AISYAH, 12205193282 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA DAN MENGHAFAL JUZ AMMA MELALUI METODE TILAWATI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)

Abstract

Siti ‘Aisyah. NIM 12205193282. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca dan Menghafal Juz Amma Melalui Metode Tilawati Siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Ramatullah Tulungagung. Pembimbing : Drs. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi, Meningkatkan Kualitas Membaca dan Menghafal Juz Amma, Metode Tilawati. Seiring berjalannya waktu, teknologi banyak membawa perubahan. Anak muslim Indonesia sekarang banyak yang kualitas membaca Al-Qur’an rendah, hanya sekedar membaca, tidak memperhatikan ilmu tajwid. Strategi pembelajaran yang struktur dapat meningkatkan kualitas membaca dan menghafal juz amma. Perlu adanya penelitian terkait strategi guru dalam meningkatkan kualitas membaca dan menghafal juz amma yang baik Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas membaca dan menghafal juz amma melalui metode tilawati siswa MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan pelaksaan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas membaca dan menghafal juz amma melalui metode tilawati siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan evaluasi strategi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas membaca dan menghafal juz amma melalui metode tilawati siswa MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu guru tahfidz dan siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data mengunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian. Pertama, perencanan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas membaca dan menghafal juz amma melalui metode tilawati siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan adalah guru memberikan contoh yang baik, berkomunikasi dengan teman maupun guru mengunakan bahasa yang sopan, dapat mengkondisikan siswa dengan baik, dan harus memastikan sarana dan prasarana serta media dan sumber belajar. Kedua perencanan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas membaca dan menghafal juz amma melalui metode tilawati siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan adalah Pelaksanaan pembelajaran mulai dari kegiatan pendahuluan sampai penutup. Kegiatan pendahuluan dalam pelaksanaan pembelajaran pendidik menyiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran secara psikis maupun fisik, menyampaikan beberapa hal dalam melakukan lalaran, menyiapkan siswa untuk melaksanakan sorogan, serta mengkondisikan siswa sebelum melakukan setoran. Setelah kegiatan pendahuluan selesai dilanjutkan kegiatan inti, kegiatan inti tidak lepas dari Juz amma yang di lengkapi pedoman tajwid berwarna, adab membaca Al-Qur’an, terjemah, asbabun nuzul serta asmaul husna. Dalam pelaksanaan kegiatan inti juga tidak lepas dari teknik pembelajaran yaitu tenik pembelajaran individual dan klasikal. Terakhir, kegiatan penutup dilaksanakan dengan memberikan umpan balik, refleksi dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Ketiga Evaluasi strategi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas membaca dan menghafal juz amma di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan dilaksanakan dengan mengadakan manaqosah yang dilaksanakan setiap semester untuk seluruh siswa. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan sambung ayat, sambung surat dan membaca surah

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193282 SITI 'AISYAH
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:50
Last Modified: 23 Oct 2023 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41196

Actions (login required)

View Item View Item