MUFIDA HAFIDHOTUL IKLIMA, 12205193115 (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (451kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik melalui Kegiatan Keagamaan di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Mufida Hafidhotul Iklima, NIM. 12205193115, program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing skripsi Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan Pendidikan karakter religius merupakan usaha sadar yang dilakukan manusia dalam rangka mengarahkan terciptanya perilaku yang baik yang dapat melakukan kegiatan positif. Karakter religius ini sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam menghadapi perubahan zaman dan degradasi moral, dalam hal ini peserta didik diharapkan mampu memiliki dan berperilaku baik yang didasarkan pada ketentuan dan ketetapan agama. Peran guru sangat penting dalam pendidikan karakter religius. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendiskripsikan implementasi pendidikan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan shalat dhuha di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan implementasi pendidikan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan tahfidz juz 30 di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan implementasi pendidikan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan wiridan tahlil istighosah di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pelaksanaan kegiatan keagamaan shalat dhuha di MI Tarbiyatussibyan dilaksanakan menggunakan metode pembiasaan yang dilakukan secara rutin. Peran guru dalam pelaksanaan kegiatan shalat dhuha sebagai pembimbing dan penanggung jawab. Nilai karakter religius yang ditanamkan yaitu disiplin waktu, akhlak, dan keseimbangan dalam hal beribadah. (2) Pelaksanaan kegiatan keagamaan tahfidz juz 30 di MI Tarbiyatussibyan dilaksanakan dengan pembiasaan yang dilakukan secara rutin. Peran guru dalam pelaksanaan kegiatan tahfidz juz 30 sebagai penanggung jawab, motivator dan pembimbing. Nilai karakter religius yang ditanamkan yaitu jujur, menjunjung tinggi nilai al-quran, tanggung jawab, ukhuwah dan menjaga keaslian, kemurnian serta kelestarian al-quran. (3) Pelaksanaan kegiatan keagamaan wiridan tahlil istighosah di MI Tarbiyatussibyan dilaksanakan dengan pembiasaan secara rutin. Peran guru dalam pelaksanaan kegiatan wiridan tahlil istighosah sebagai tauladan, penanggung jawab, penggerak, dan pembimbing. Nilai karakter religius yang ditanamkan yaitu keagamaan dan motivasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193115 MUFIDA HAFIDHOTUL IKLIMA |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 02:20 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 02:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41197 |
Actions (login required)
View Item |