IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS XI DI MA SUNAN KALIJOGO KRANDING MOJO KEDIRI

MOH RIZQI FAIZIN NASRULLOH, 12209193041 (2023) IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS XI DI MA SUNAN KALIJOGO KRANDING MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (537kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Implementasi Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas XI di MA Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri" ini ditulis oleh Moh Rizqi Faizin Nasrulloh, NIM. 12209193041, Program studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU), Yang dibimbing oleh ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Media Video Animasi, Minat Belajar Siswa Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran yang berkaiatan dengan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan yang diwariskan dari generasi yang satu ke generasi berikutnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang tumbuh semakin cepat. Perkembangan teknologi tersebut juga menuntut bidang pendidikan agar dapat bertahan dan mengikuti pola yang ada agar tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi tersebut. Salah satu bentuk inovasi di bidang pendidikan adalah penggunaan media pembelajaran berupa video animasi, video animasi memiliki kemampuan untuk dapat memaparkan atau menjelaskan suatu yang rumit atau kompleks untuk dijelaskan dengan menggunakan video. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti melakukan penelitian di MA Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri sebagai objek penelitian. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana langkah-langkah implementasi media video animasi dalam meningkatkan minat belajar sosiologi pada siswa kelas Xi di MA Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri. 2) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan media video animasi dalam meningkatkan minat belajar sosiologi pada siswa kelas Xi di MA Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri. 3) Bagaimana implikasi penerapan media video animasi dalam meningkatkan minat belajar sosiologi pada siswa kelas Xi di MA Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Langkah-langkah penerapan media video animasi yang pertama adalah melakukan perencanaan sebelum diterapkannya media video animasi tersebut. Perencanaan digunakan untuk menyesuaikan materi dengan media pembelajaran yang akan digunakan. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan materi yang akan disampaikan, selanjutnya mempersiapkan alat alat bantu untuk menayangkan media video.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193041 MOH. RIZQI FAIZIN NASRULLOH
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:15
Last Modified: 25 Oct 2023 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41198

Actions (login required)

View Item View Item