EVA ANGGRAINI, 12204193040 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII-9 DI MTs NEGERI 1 BLITAR DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (7MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-ended Pada Materi Lingkaran Kelas VIII-9 di MTs Negeri 1 Blitar Ditinjau dari Disposisi Matematis” ini ditulis oleh Eva Anggraini, NIM. 12204193040, dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif siswa, disposisi matematis Adanya penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa yang masih menganggap matematika sulit, membosankan, dan monoton. Hal ini ditunjukkan ketika pembelajaran berlangsung antusias siswa belum optimal. Selain itu, masih banyak ditemukan siswa ketika mengerjakan soal matematika dikerjakan dengan asal-asalan, tidak menggunakan rumus yang sesuai, dan terkadang tidak dikerjakan sama sekali khususnya pada materi lingkaran. Namun, ada beberapa siswa yang mengerjakan soal dengan tepat akan tetapi menggunakan rumus yang sama seperti yang diajarkan gurunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi lingkaran kelas VIII-9 di MTs Negeri 1 Blitar ditinjau dari disposisi matematis tinggi, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi lingkaran kelas VIII-9 di MTs Negeri 1 Blitar ditinjau dari disposisi matematis sedang, dan (3) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi lingkaran kelas VIII-9 di MTs Negeri 1 Blitar ditinjau dari disposisi matematis rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di Jl. Ponpes Al-Kamal, Desa Kunir, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui angket, tes dan wawancara tidak terstruktur. Pada analisis data menggunakan model Creswell yang terdiri dari beberapa langkah antara lain: menyiapkan dan mengorganisir data, membaca dan melihat seluruh data, melakukan coding, membentuk deskripsi dan tema, menginterprestasi makna dari data. Pengabsahan data menggunakan pemeriksaan teman sejawat, ketekunan dan keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi lingkaran kelas VIII-9 di MTs Negeri 1 Blitar ditinjau dari disposisi matematis tinggi menunjukkan masuk dalam kategori tahap 2 (cukup kreatif), (2) kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi lingkaran kelas VIII-9 di MTs Negeri 1 Blitar ditinjau dari disposisi matematis sedang menunjukkan masuk dalam ketegori tahap 2 (cukup kreatif) dan tahap 1 (kurang kreatif), dan (3) kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi lingkaran kelas VIII-9 di MTs Negeri 1 Blitar ditinjau dari disposisi matematis rendah menunjukkan masuk dalam kategori tahap 1 (kurang kreatif) dan tahap 0 (tidak kreatif).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193040 Eva Anggraini |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 08:51 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 08:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41216 |
Actions (login required)
View Item |