PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTsN 6 BLITAR

ERNISA QURROTA’AINI, 12201193092 (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTsN 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Qurrota’Aini, Ernisa. 2023. Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Khusnul Mufidati, S.Sy., M.Pd.I. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penumbuhan motivasi belajar pada diri peserta didik saat proses pembelajaran baik itu dari guru maupun peserta didik itu sendiri. Selain itu peserta didik belum mengetahui betul gaya belajar apa yang sesuai dengan dirinya. Guru belum terlalu memperhatikan gaya belajar apa yang sesuai sehingga peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan yang pastinya akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah antara motivasi belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran SKI di MTsN 6 Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas VIII MTsN 6 Blitar? (2) Adakah pengaruh antara gaya belajar terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas VIII MTsN 6 Blitar? (3) Adakah pengaruh antara motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas VIII MTsN 6 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di MTsN 6 Blitar sejumlah 194 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yaitu sebanyak 49 peserta didik. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji regresi linier berganda dilakukan untuk analisis data dengan bantuan menggunakan SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas VIII MTsN 6 Blitar. Dengan hasil nilai t hitung = 9.188 dan nilai t tabel = 2.014 sehingga t hitung > t tabel atau nilai signifikansi 0.000 < 0.05. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas VIII MTsN 6 Blitar. Dengan hasil nilai t hitung 9.217 dan nilai t tabel = 2.014 sehingga t hitung > t tabel atau nilai signifikansi 0.000 < 0.05. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas VIII MTsN 6 Blitar. Dengan hasil nilai f hitung 583.679 dan nilai f tabel = 3,20 sehingga t hitung > t tabel atau nilai signifikansi 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193092 ERNISA QURROTA'AINI
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:19
Last Modified: 19 Oct 2023 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41227

Actions (login required)

View Item View Item