ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KONSEPTUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (Field Independent (FI) DAN Field Dependent (FD) Siswa Kelas VIII di MTsN 4 Blitar)

IRFAATUS SAADAH, 12204193009 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KONSEPTUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (Field Independent (FI) DAN Field Dependent (FD) Siswa Kelas VIII di MTsN 4 Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (857kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (795kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Konseptual Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) Siswa Kelas VIII di MTsN 4 Blitar” ini ditulis oleh Irfaatus Saadah, NIM. 12204193009, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Konseptual, Aljabar, Gaya Kognitif Pembelajaran Matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan dalam memahami konsep matematika yang dimaksudkan bukanlah terletak pada satu materi saja, tetapi untuk semua materi yang ada dalam matematika. Salah satu materi dalam matematika adalah aljabar. Aljabar merupakan materi yang identic dengan adanya simbol-simbol berupa huruf yang disebut variabel. Dengan adanya variabel membuat siswa mengalami kesulitan dalam memahami suatu masalah matematika. Selain itu, kemampuan memahami suatu materi matematika juga dipengaruhi oleh perbedaan gaya belajar siswa yang disebut dengan gaya kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir konseptual dalam menyelesaikan soal aljabar ditinjau dari gaya kognitif Field Independen (FI) siswa di MTsN 4 Blitar. 2) mendeskripsikan kemampuan berpikir konseptual siswa dalam menyelesaikan soal aljabar ditinjau dari Gaya kognitif Field Dependent(FD) siswa di MTsN 4 Blitar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar. Data yang diperoleh berupa data hasil observasi, tes GEFT,tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dapat dilihat dari triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah 1). kemampuan berpikir konseptual gaya kognitif Field Independent dalam menyelesaikan masalah aljabar di kelas VIII MTsN 4 Blitar mampu memenuhi lima indikator kemampuan berpikir konseptual. 2). kemampuan berpikir konseptual gaya kognitif Field Dependent dalam menyelesaikan masalah aljabar di kelas VIII MTsN 4 Blitar mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir konseptual dari lima indikator yang tersedia. Dua indikator yang dipenuhi adalah indikator yang pertama dan yang kedua, sedangkan untuk tiga indikator yang lainnya adalah indikator yang ketiga, keempat dan kelima tidak terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193009 IRFAATUS SAADAH
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:22
Last Modified: 23 Oct 2023 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41239

Actions (login required)

View Item View Item