HANDAM SAIFUL MAHMUD, 17201163397 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 BENDUNGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (752kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 2 Bendungan Trenggalek” ini ditulis oleh Handam Saiful Mahmud, NIM 17201163397. Pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa pendidikan agama Islam sangat penting untuk pembinaan karakter peserta didik. Pendidikan agama Islam di sekolah memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk nilai-nilai moral, etika, dan spiritualitas siswa. Latar belakang yang berbeda menimbulkan beragam karakter di lingkungan sekolah. Dengan perbedaan ini, dibutuhkan peran guru Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter yang baik. Mayoritas guru hanya dominan mengajar di kelas dan mengesampingkan perilaku peserta didik. Sedangkan guru di masa depan diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan pada peserta didik sehingga tercermin dalam perilaku sehari-hari. Oleh karena itu, peran guru sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas pendidikan sehingga dihasilkan perkembangan intelektual dan perkembangan karakter peserta didik berjalan seimbang. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter melalui penanaman nilai kejujuran peserta didik di SMP Negeri 2 Bendungan Trenggalek? 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter melalui penanaman nilai tanggung jawab peserta didik di SMP Negeri 2 Bendungan Trenggalek? 3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter melalui penanaman nilai sopan santun peserta didik di SMP Negeri 2 Bendungan Trenggalek?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi dan jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMP Negeri 2 Bendungan Trenggalek. Data yang peneliti didapatkan dari Guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter peserta didik SMP Negeri 2 Bendungan Trenggalek adalah guru berperan sebagai pembimbing, motivator, dan fasilitator dalam kegiatan keagamaan yang dapat menanamkan nilai kejujuran pada peserta didik diantaranya yaitu kegiatan sholat berjamaa, melakukan razia hp, jujur dalam menyampaikan pendapat, memberikan kesempatan untuk menyampaikan rasa senang atau tidak terhadap pelajaran di kelas. 2) Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter peserta didik melalui penanaman nilai tanggung jawab di SMP Negeri 2 Bendungan Trenggalek adalah guru berperan sebagai pembimbing, motivator, dan fasilitator. Dalam kegiatan keagamaan yang dapat menanamkan nilai tanggung jawab pada peserta didik ini melalui membaca doa sebelum mata pelajaran dimulai, petugas upacara bergilir, mengecek kelengkapan atribut sekolah, kegiatan jumat bersih, dan membentuk amil zakat. 3) Peran Guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter peserta didik melalui penanaman sopan santun di SMP Negeri 2 Bendungan Trenggalek adalah guru berperan sebagai pembimbing, motivator, dan fasilitator dalam mengajarkan sopan santun pada diri peserta didik melalui kegiatan kerapian setiap hari, membiasakan 5S (Sapa, Senyum, Salam, Sopan, dan Santun), berkomunikasi dengan guru menggunakan bahasa yang sopan, dilarang berkata kotor, serta saling menghormati sesama terutama terhadap guru dan orang yang lebih tua. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Membina, Karakter
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163397 HANDAM SAIFUL MAHMUD |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 08:39 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 08:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41242 |
Actions (login required)
View Item |