MUHAMMAD ZAINULLOH 'ARIF, 12205193081 (2023) PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DALAM KETRAMPILAN MENULIS CERITA SISWA KELAS V SD ISLAM WAHID HASYIM SELOKAJANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (590kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (500kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Video Animasi dalam Ketrampilan Menulis Cerita Siswa Kelas V SD Islam Wahid Hasyim Selokajang” ini ditulis oleh Muhammad Zainulloh ‘Arif, NIM 12205193081, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing M. Ridho Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata kunci: Video Animasi, Ketrampilan, Menulis Cerita. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pasca pandemi covid 19 yang terjadi di lapangan bahwa ketrampilan menulis cerita siswa sangat beragam. Hal ini timbul karena selama pandemi mereka belajar daring dan banyak hal yang mereka alami selama pembelajaran tersebut. Disisi lain kemampuan ketrampilan siswa dalam menulis cerita di rasa mengalami kemrosotan pembelajaran yang tidak efektif. Banyak peserta didik ketinggalan fase dasar dalam pendidikan contoh halnya anak sekolah dasar kesukaran dalam kebahasaan, seperti halnya menulis dan membaca melekat dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan saat pandemi kurang mendapatkan pembelajaran yang efektif dan keadaan orang tua di rumah kurang mengawasi dalam hal belajar. Menurut Tarigan, melatih ketrampilan berbahasa berarti pula melatih ketrampilan berpikir. Penggunaan video animasi termasuk salah satu strategi guru dalam upayanya meningkatkan ketrampilan berpikir peserta didiknya melalui media tulis dengan di rangsang media video animasi. Penuangan unsur-unsur cerita dari Mieke Bal dirasa menarik dalam mengasah kemampuan menulis cerita siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan video animasi dalam pembelajaran menulis dan mendeskripsikan ketrampilan menulis cerita melalui unsur-unsur dalam cerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah study kasus. Sumber dasar penelitian ini siswa kelas V SD Islam Wahid Hasyim Selokajang. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa dari dua rombongan belajar. Teknik mengumpulkan data dengan wawancara mendalam dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode perbandingan tetap teori Glaser dan Straus mencakup reduksi data, kategorisasi data, sintensisasi, dan menyusun hipotesis kerja. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan video animasi mampu memberikan stimulus dalam ketrampilan menulis cerita berupa dorongan semangat belajar, pembelajaran tidak monoton, menambah fokus pembelajaran, dan pembelajaran lebih menyenangkan tidak membosankan, serta penuangan unsur-unsur dalam cerita siswa kelas V di nilai sebagai berikut: kemampuan menentukan tema di nilai baik, kemampuan menentukan tokoh di nilai baik, kemampuan menentukan latar di nilai baik, kemampuan menentukan alur di nilai cukup baik, dan kemampuan menentukan amanat di nilai cukup baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193081 MUHAMMAD ZAINULLOH 'ARIF |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 01:52 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 01:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41265 |
Actions (login required)
View Item |