KOMITMEN ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PENDIDIK DANA TENAGA KEPENDIDIKAN (Studi Dwisitus di MAN 1 Jombang dan MAN 2 Jombang)

ZAINUR ARIFIN, 129501203029 (2023) KOMITMEN ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PENDIDIK DANA TENAGA KEPENDIDIKAN (Studi Dwisitus di MAN 1 Jombang dan MAN 2 Jombang). [ Disertasi ] (Unpublished)

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

Kesuksesan komitmen kepala madrasah dalam memimpin organisasi dapat diartikan sebagai kecintaan dan kesetiaan yaitu penyatuan dengan tujuan dan nilai- nilai madrasah, keinginan tetap berada dalam organisasi. Produktivitas kerja yang baik tidak bisa terlepas dari peran pendidik dengan kualitas output dan pendidikan yang baik. sebagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai bentuk pencapaian peningkatan produktivitas kerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam keberhasilan hasil kerja dan kemajuan yang mencakup Aspek-aspek komitmen organisasi, sikap organisasi dan loyalitas organisasi di lembaga madrasah. Oleh karena itu, MAN 1 Jombang dan MAN 2 Jombang sebagai madrasah yang mampu mewujudkan cita-cita luhur sesuai dengan visi misi dan tujuan madrasah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah:(1) Bagaimana aspekaspek Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan produktivitas kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MAN I Jombang dan MAN 2 Jombang? (2) Bagaimana sikap Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan produktivitas kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 1 Jombang dan MAN 2 Jombang? (3) Bagaimana loyalitas organisasi dalam meningkatkan produktivitas kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 1 Jombang dan MAN 2 Jombang? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi dwisitus. Sumber data informan, peristiwa/lokasi dan dokumen. Teknik penggumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tehnik analisis data interaktif Huberman. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui diskusi teman sejatawat, triangulasi sumber data, dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) aspek-aspek komitmen organisasi adalah pertama, komitmen efektif: proses keterlibatan mengembangkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai bentuk nilai dan tujuan program madrasah. Kedua, komitmen berkelanjutan: bentuk pengembangan potensi sesuai nilai visi misi dan tujuan madrasah dengan orientasi spesialisasi dalam pengembangan diri sebagai bentuk sarana dan prasarana melalui kondisi lingkungan sekitar. Ketiga, komitmen normatif: membangun karakter wawasan kebangsaan menjadi landasan penting memelihara persatuan dan kesatuan bangsa sebagai wujud peningkatan produktivitas kerja sikap tanggung jawab. (2) Sikap komitmen organisasi adalah tahapan pengembangan nilai dan tujuan prestasi lembaga dengan semangat baru, dalam pembentuk sikap, perilaku, watak. (3) Loyalitas organisasi, adalah optimalisasi pemimpin organisasi yang efektif, kompetitif, dan kualitas kerja berdasarkan standar dalam bentuk pembinaan untuk menuju madrasah berprestasi.

Item Type: Disertasi
Subjects: Kinerja Pegawai
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 129501203029 ZAINUR ARIFIN
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:19
Last Modified: 19 Oct 2023 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41281

Actions (login required)

View Item View Item