PRAPTI RAHAYU, 129501203023 (2023) MANAJEMEN KURIKULUM WTH (WRITTEN, TAUGHT, HIDDEN) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di SMA Al Hikmah Surabaya dan SMA Darul Ulum 1 Unggulan-BPPT Jombang). [ Disertasi ]
|
Text (COVER)
cov.pdf Download (830kB) | Preview |
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (470kB) |
||
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (19kB) |
||
|
Text (BAB I)
Bab I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
||
Text (BAB III)
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text (BAB V)
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (258kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Prapti 2023. Manajemen Kurikulum WTH (Written, Taught, Hidden) dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik (Studi Multi Situs di SMA Al Hikmah Surabaya dan SMA Darul Ulum 1 Unggulan-BPPT Jombang), Doktor, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Promotor Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag., dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata kunci: Manajemen Kurikulum, Kurikulum WTH, Prestasi Peserta Didik Kegiatan pendidikan cenderung diidentikkan dengan proses peningkatan kemampuan, keterampilan, dan kecerdasan belaka, sementara pembentukan kepribadian unggul dan budaya untuk berprestasi belum diperhatikan. Akibatnya guru hanya terpaku pada pedoman kurikulum yang telah ditetapkan sebagai written curriculum dan kurang memanfaatkan faktor lain seperti taught and hidden curriculum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan merumuskan manajemen kurikulum WTH (written, taught and hidden) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMA Al Hikmah Surabaya dan SMA Darul Ulum 1 Unggulan-BPPT Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Data yang diperoleh peneliti adalah hasil wawancara, dokumen-dokumen (paper), dan hasil observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis kualitatif deskriptif melalui tiga cara, yaitu; mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data yaitu kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian adalah a. perencanaan kurikulum WTH disusun dengan memperhatikan aspek-aspek yang menjadi karakteristik written, taught and hidden curriculum. b. implementasi kurikulum WTH (written, taught, and hidden) mengacu pada prinsip-prinsip; perolehan kesempatan yang sama, berpusat pada anak, memandirikan peserta didik untuk belajar, bekerjasama dan menilai diri sendiri, pendekatan kemitraan dan tanggung jawab bersama dari peserta didik, guru, sekolah, perguruan tinggi, dunia kerja dan industri, orang tua dan masyarakat c. Evaluasi kurikulum WTH (written, taught, and hidden) dilakukan secara menyeluruh melalui berbagai metode dan cara, d. Tindak lanjut hasil evaluasi kurikulum WTH (written, taught, and hidden) berdasarkan identifikasi kelebihan dan kelemahan laporan hasil evaluasi pembelajaran, selanjutnya diadakan peningkatan pembelajaran (remidi), merancang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, perbaikan program pembelajaran. Penelitian ini melengkapi teori hidden curriculum Philip W Jackson dalam bukunya Life In Classroom bahwa hidden curriculum bertujuan mempengaruhi atau provokasi. Penelitian ini juga melengkapi teori perencanaan kurikulum Muhaimin, dalam perencanaan kurikulum sebelum visi dan misi ditetapkan perlu dilakukan perumusan landasan nilai (agama, tradisi, budaya, kebiasaan) untuk membimbing dan mengarahkan organisasi dalam mencapai visi dan misi secara bersama-sama.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 129501203023 PRAPTI RAHAYU |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 08:02 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 08:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41296 |
Actions (login required)
View Item |