PENGARUH MEDIA BALOK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL-IKHLAS PUCUNG KIDUL TAHUN AJARAN 2022/2023

WIJI LESTARI, 12206183110 (2023) PENGARUH MEDIA BALOK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL-IKHLAS PUCUNG KIDUL TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Balok Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Ikhlas Pucung Kidul Tahun Ajaran 2022/2023” ini ditulis oleh Wiji Lestari, NIM. 12206183110, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Mirna Wahyu Agustina, M. Psi. Kata Kunci:Media Balok, Kemampuan Mengenal Bentuk Geomtri Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Ikhlas Pucung Kidul. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri siswa. Pendidik kurang mengembangkan media pembelajaran yang ada sehingga proses pembelajaran terkesan membosankan dan kurang diminati siswa. Media Balok adalah salah satu media atau alat pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompol A di TK Al�Ikhlas Pucung Kidul sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan serta dokumen sekolah. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah sebesar 78,3% termasuk dalam kategori cukup efektif. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent t-test diperleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,018 < 0,005. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan antara media balok dan kemampuan mengenal bentuk geometri, sehingga Ho ditolah dan Ha diterima

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: Dwiyanti Reni
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:40
Last Modified: 24 Oct 2023 01:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41343

Actions (login required)

View Item View Item