IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA DI SMKN 3 DAN SMKN 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

Muashofah, 1756144032 (2016) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA DI SMKN 3 DAN SMKN 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
A. 10ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A. Daftar Isi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
BAB01.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
BAB02.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB03.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB04.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB05.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
C. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) Perspektif Ki Hadjar Dewantara di SMKN 2 dan SMKN 3 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Muashofah dengan dibimbing oleh Dr. Ngainun Naim dan Dr. Ahmad Tanzeh. Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai PAI, Perspektif Ki Hadjar Dewantara Membicarakan mengenai pendidikan tidak dapat dipisahkan dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara, baik pendidikan secara umum maupun Pendidikan Agama Islam khususnya. Ki Hadjar Dewantara merupakan tokoh dan pakar pendidikan yang berkecimpung dan mengonsentrasikan keahliannya dalam bidang pendidikan di Indonesia. Dengan demikian, berbagai konsep strategis pendidikan di Indonesia hampir seluruh aspeknya senantiasa merujuk pada pemikirannya. Salah satu pemikirannya yang menjadi obyek penelitian pada tesis ini yaitu mengenai Sistem Among atau Trilogi kepemimpinan pendidikan; Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani. Fokus penelitiannya adalah implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) perspektif Ki Hadjar Dewantara di SMKN 2 dan SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Pertanyaan penelitiannya adalah: 1) Bagaimana pemikiran nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam perspektif Ki Hadjar Dewantara?, 2) Bagaimana implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam perspektif Ki Hadjar Dewantara di SMKN 2 dan SMKN 3 Boyolangu Tulungagung?, 3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) perspektif Ki Hadjar Dewantara di SMKN 2 dan SMKN 3 Boyolangu Tulungagung? Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multi kasus, lokasinya di SMKN 2 Boyolangu dan SMKN 3 Boyolangu Tulungagung, sumber datanya informan, peristiwa, dan dokumen. Sumber data adalah nara sumber (informan), peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam (indepth interview), Observasi Partisipan (partisipant observation), dan dokumentasi (dokumentation). Analisis data dengan analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs, sedang pengecekan keabsahan datanya dengan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, mengadakan member checking, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian: 1) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) perspektif Ki Hadjar Dewantara dilihat dari aspek Sistem Among atau Trilogi kepemimpinan pendidikan, yakni Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa, dan Tut wuri handayani. Ing Ngarsa Sung Tuladha berarti seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan yang baik bagi bawahan atau anak buahnya. Ing Madya Mangun Karsa berarti seorang pemimpin di tengah kesibukannya harus mampu membangkitkan atau menggugah semangat kerja anggota bawahannya dan Tut Wuri Handayani berarti mengikuti dari belakang, tetapi tidak melepaskan anak-anak didik dari pengawasan; 2) Implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) perspektif Ki Hadjar Dewantara dari aspek Sistem Among atau Trilogi kepemimpinan pendidikan, yaitu Pertama, Ing ngarsa sung tuladha yaitu Kepala Sekolah menjadi suri tauladan yang baik kepada semua bawahan, para guru terutama guru PAI memberikan tauladan yang baik kepada para siswa dalam melaksanakan shalat berjamaah di mushola sekolah, berperilaku dengan akhlaqul kharimah, dan sebagainya; Kedua, implementasi Ing madya mangun karsa, antara lain Kepala Sekolah selalu memberikan kesempatan terbuka kepada bawahannya untuk memberikan usulan atau kritikan yang konstruktif demi perbaikan dan kemajuan sekolah, guru PAI selalu mendorong dan menggugah semangat belajar kepada para siswa, dan sebagainya; Ketiga, implementasi Tut wuri handayani yaitu Kepala Sekolah memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada para guru dan para siswa untuk mengembangkan kemampuannya sesuai bidang dan minatnya masing-masing, Kepala Sekolah selalu mengawasi kegiatan yang dilakukan para guru dan siswa, guru PAI selalu mendorong dan memberikan bimbingan kepada para siswa yang akan mengikuti lomba di tingkat kabupaten propinsi maupun nasional, dan sebagainya; 3) Faktor-faktor yang mendukung implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) perspektif Ki Hadjar Dewantara adalah Kepala Sekolah sangat peduli kepada guru dan staf sehingga hal itu dapat mendorong semangat dan motivasi mereka, adanya kesadaran dan komunikasi yang baik antar para guru dengan para siswa, guru PAI selalu mendukung positif terhadap kegiatan OSIS yang bersifat positif, guru PAI selalu memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun dan mendorong demi keberhasilan mereka, guru PAI mendorong dan memberikan motivasi kepada para siswa agar lebih kreatif dan inovatif, sedangkan faktor-faktor yang menghambat implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) perspektif Ki Hadjar Dewantara adalah ada sebagian guru dan staf (TU) yang kurang peduli terhadap tugas dan fungsinya, ada sebagian siswa yang memiliki karakter masa bodoh atau tidak mau tahu, adanya pengaruh penggunaan media sosial (medsos) yang berlebihan bagi para siswa, masih ada guru yang datang terlambat masuk kelas, belum semua warga sekolah bisa memberi contoh yang baik atau tauladan, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756144032 Muashofah
Date Deposited: 25 Nov 2016 03:40
Last Modified: 25 Nov 2016 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4135

Actions (login required)

View Item View Item