PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MIN KOTA BLITAR

ARINA NAILIL KHUSNA, 17205163354 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MIN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (305kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA Kelas V MIN Kota Blitar” ini ditulis oleh Arina Nailil Khusna, NIM. 17205163354, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Make a Match, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih dijumpai penggunaan model pembelajaran yang kurang maksimal membuat siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang berlangsung, rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA, serta siswa tidak aktif pada saat proses pembelajaran. Model pembelajaran make a match ini dapat menarik perhatian siswa dalam belajar, siswa bisa memahami materi dengan baik melalui media pembelajaran yang ditampilkan oleh guru. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran IPA kelas V MIN Kota Blitar? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPA kelas V MIN Kota Blitar? 3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIN Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan kuantitatif dan metode penelitiannya menggunakan eksperimen dengan jenis penelitian true experiment design dan menggunakan model posstest-only control design. Metode pengumpulan data ini menggunakan angket dan tes. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu 44 siswa kelas V MIN Kota Blitar. Metode pengambilan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah uji t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran IPA kelas V MIN Kota Blitar. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,007 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPA kelas V MIN Kota Blitar. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) yang menunjukkan nilai 0,009 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIN Kota Blitar. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. < dari 0,05 maka Ho3 ditolak sehingga Ha3 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163354 ARINA NAILIL KHUSNA
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:16
Last Modified: 24 Oct 2023 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41371

Actions (login required)

View Item View Item