INOVASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGULAN (STUDI MULTISITUS DI MA UNGGULAN DARUL ULUM PETERONGAN JOMBANG DAN MA UNGGULAN KH. ABDUL WAHAB CHASBULLAH BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG)

AGUS MOH. SHOLAHUDDIN, 129501203001 (2023) INOVASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGULAN (STUDI MULTISITUS DI MA UNGGULAN DARUL ULUM PETERONGAN JOMBANG DAN MA UNGGULAN KH. ABDUL WAHAB CHASBULLAH BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari konteks penelitian bahwa Kurikulum merupakan inti bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Dengan berkembangnya pendidikan sekarang maka setiap lembaga pendidikan harus mempunyai inovasi khususnya dalam hal manajemen kurikulum, dengan begitu pendidikan akan terus berkembang dan eksis dalam menghadapi tantangan zaman. Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum Peterongan Jombang menggunakan Kurikulum Terintegrasi, disisi lain MA Unggulan Wahab Chasbullah Bahrul ‘Ulum Tambakberas juga menggunakan kurikulum Terintegrasi, dengan memadukan kurikulum Nasional dengan kurikulum pesantren. Hal ini tidak lepas dengan inovasi yang terus dilakukan khususnya dalam hal manajemen kurikulum. Fokus penelitian ini adalah mengenai inovasi perencanaan, inovasi pelaksanaan dan inovasi evaluasi kurikulum dalam mewujudkan madrasah unggulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan jenis kualitatif, adapun metodenya yaitu interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data multisitus, pengumpulan data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi kajian dan pengembangan teori di bidang manajemen lembaga pendidikan Islam khususnya inovasi manajemen kurikulum dalam mewujudkan madrasah unggulan. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah : (1) Inovasi perencanaan kurikulum di MAU-DU dan MAU-WH didesain memadukan antara kurikulum nasional dan pesantren, hal tersebut mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. Setiap tahun selalu mengkaji dan selalu berusaha untuk berinovasi merencanakan kurikulum yang baik sesuai dengan kondisi peserta didik dan perkembangan zaman dengan membentuk tim khusus yang terdiri dari Majlis Pimpinan/Pengasuh Pondok Pesantren, kepala madrasah, wakil kepala madrasah, komite, guru-guru senior yang dianggap berkompetensi serta menghadirkan seseorang yang ahli dibidang kurikulum. (2) Inovasi pelaksanaan kurikulum yang ada di MAU-DU dan MAU-WH menggunakan perpaduan kurikulum lokal ala pesantren dan nasional, dilakukan dengan cara penambahan mata pelajaran, kegiatan pembiasaan dan akademis lainnya, hal tersebut secara otomatis menambah tenaga kependidikan yang benar-benar kompetensi dibidangnya, sarana dan prasarana, serta kebutuhan sumber dana. Kepala madrasah sebagai manajer memotivasi dan memfasilitasi serta mengarahkan, hal tersebut benar-benar memperhatikan masalah kerjasama, keterpaduan dan keselarasan. (3) Inovasi evaluasi kurikulum dilakukan oleh Kepala Madrasah melalui evaluasi pendidik/tenaga kependidikan dan peserta didik. Evaluasi tersebut menggunakan google form, menggunakan supervisi klinis, mengadakan review bersama guru-guru secara continue, dan Evaluasi Diri Madrasah (EDM). Sedangkan evaluasi yang dilakukan terhadap peserta didik melalui test maupun non tes seperti pengamatan,ulangan, praktik dan pendampingan siswa baik yang berprestasi maupun memiliki problem.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 129501203001 AGUS MOH. SHOLAHUDDIN
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:49
Last Modified: 09 Nov 2023 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41383

Actions (login required)

View Item View Item