PERAN GURU KELAS DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DENGAN METODE TA’WIDIYAH DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG

AZIN KHURIL AINI, 12205193202 (2023) PERAN GURU KELAS DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DENGAN METODE TA’WIDIYAH DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (907kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Kelas Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Dengan Metode Ta’widiyah di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Azin Khuril Aini. Nim 12205193202, pembimbing Dr. H. Moch. Arif faizin, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Akhlakul Karimah, Metode Ta’widiyah Pendidikan akhlak atau moral memiliki peran krusial dalam agama Islam. Akhlakul Karimah, yang berarti akhlak yang mulia dan terpuji, merupakan aspek penting dalam membentuk karakter peserta didik. Dalam Islam, perilaku baik dan budi pekerti yang luhur memiliki nilai yang setinggi-tingginya dan menjadi bagian integral dari ajaran agama.Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru bagi peserta didik sebagai motor penggerak pembangunan karakter. Sedangkan pembangunan karakter ini harus dimulai sejak dini. Termasuk bagi umat muslim, pembangunan akhlakul karimah. Salah satunya melalui metode ta’widiyah (pembiasaan) yang diterapkan di sekolah. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru kelas sebagai pendidik dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik dengan metode ta’widiyah di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru kelas sebagai motivator dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik dengan metode ta’widiyah di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru kelas sebagai teladan dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik dengan metode ta’widiyah di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, peyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan uji Credibility (Kepercayaan) Uji Transferbility (Keterlibatan) Uji Dependability (Ketergantungan) Uji Confirmability (Kepastian) Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Peran guru kelas sebagai pendidik dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik dengan metode ta’widiyah di MI Darul Huda, yaitu dengan berdo’a sebelum pembelajaran, muraja’ah atau membaca al-qu’an, menyapa dan mengucapkan salam, memberi contoh melaksanakan sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah, bersedekah melalui kegiatan infaq rutin pada hari jum’at dan peduli terhadap lingkungan, menambah pengetahuan agama melalui kegiatan madrasah diniyah. (2) Peran guru kelas sebagai motivator dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik di MI Darul Huda, yaitu memberikan motivasi dengan menyisipkan cerita tokoh-tokoh islam terdahulu, kisah nabi, serta pengalaman guru, memberikan arahan untuk selalu berperilaku baik terhadap sesama, memberikan hukuman yang sifatnya mendidik, memberikan pujian berupa ucapan. (3) Peran guru kelas sebagai teladan dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik di MI Darul Huda, yaitu mengucap salam dan berjabat tangan kepada peserta didik maupun guru lainnya, berperilaku yang baik, berbicara sopan, dan bertindak dengan hati-hati, memberikan contoh bagaimana berhubungan baik dengan guru lain, dan memberikan contoh dengan tiba lebih awal saat waktu sholat berjama’ah dan duduk di shaf depan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193202 AZIN KHURIL AINI
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:52
Last Modified: 26 Oct 2023 01:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41389

Actions (login required)

View Item View Item