PENGEMBANGAN e-Modul BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA

MUSTOFA AMIN, 12212183035 (2023) PENGEMBANGAN e-Modul BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (807kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Discovery Learning pada Materi Laju reaksi untuk Siswa Kelas XI SMA/MA” ini ditulis oleh Mustofa Amin, NIM. 12212183035, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : E-Modul, Discovery Learning, Laju Reaksi Kurikulum 2013 menuntut tercapainya kemandirian, pemahaman, keterampilan dan karakter. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Upaya tersebut memerlukan alat bantu berupa bahan ajar yang baik dan sesuai. Namun kenyataannya bahan ajar cetak yang digunakan dalam pembelajaran kimia materi laju reaksi masih memiliki keterbatasan pada bagian tertentu penjelasan materi kurang dilengkapi dengan ilustrasi, sehingga tidak semua materi mampu divisualisasikan sehingga menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami konsep secara utuh. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan bahan ajar dalam format elektronik seperti e-Modul sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa sehingga dapat terlibat aktif selama proses pembelajaran serta memahami konsep materi laju reaksi secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan e-Modul berbasis discovery learning pada materi laju reaksi untuk siswa kelas XI SMA/MA, (2) mengetahui validitas e-Modul, (3) serta mengetahui respon siswa terhadap e-Modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D), dengan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tiga tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Intrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk analisis kebutuhan pengembangan produk, lembar validasi untuk mengetahui validitas produk, dan angket siswa. Angket siswa digunakan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan produk dan karakteristik siswa, serta mengetahui respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Uji validitas dilakukan oleh 2 dosen Tadris Kimia dan 1 guru kimia MA Hasyim Asy’ari sebagai ahli materi dan ahli media. Sementara uji respon siswa dilakukan secara terbatas dengan melibatkan 27 siswa kelas XI MIA-2 MA Hasyim Asy’ari. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa (1) modul elektronik (e-Modul) berbasis discovery learning pada materi laju reaksi. (2) e-Modul tersebut telah dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator ahli materi dan ahli media dengan persentase 84%. (3) Adapun hasil uji respon siswa terhadap e-Modul berada pada kriteria sangat baik dengan persentase 77%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-Modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif pada pembelajaran kimia materi laju reaksi

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Molekul Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183035 MUSTOFA AMIN
Date Deposited: 24 Oct 2023 09:18
Last Modified: 24 Oct 2023 09:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41393

Actions (login required)

View Item View Item