ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI KELAS VII-J MTs NEGERI 4 TULUNGAGUNG

NIKEN ARININGTYAS, 12208193026 (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI KELAS VII-J MTs NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (735kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Pemerintah Indonesia bersama dunia internasional telah menyepakati betapa pentingnya menjaga bumi dari pencemaran dan kerusakan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melalui pelaksanaan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Namun disamping itu, pembangunan berkelanjutan juga memberikan dampak yang serius seperti permasalahan lingkungan yang menimbulkan kerugian baik materi maupun korban jiwa. Berdasarkan permasalahan lingkungan hidup yang terjadi serta kapasitas sumber daya manusia yang memanfaatkan dan mengelola lingkungan hidup, maka Kementerian Lingkungan Hidup mengadakan program Adiwiyata. Dalam penerapan program Adiwiyata, diperlukan adanya kebijakan berwawasan lingkungan. Hal inilah yang menjadikan pentingnya pemahaman konsep materi pencemaran lingkungan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VII semester Genap. Pada materi ini, siswa diajarkan untuk mengamati lingkungan sekitar, menganalisis jenis pencemaran, sumber pencemar, dampak yang ditimbulkan, serta merumuskan solusi untuk mengatasi pencemaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui implementasi program Adiwiyata di MTs Negeri 4 Tulungagung pada proses belajar siswa kelas VII-J dalam memahami materi pencemaran lingkungan serta 2) mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan melalui program Adiwiyata di MTs Negeri 4 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ada 9 siswa yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi kegiatan pembelajaran, tes pemahaman konsep siswa, serta wawancara kepada subjek. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) aktivitas belajar siswa dalam memahami materi pencemaran lingkungan melalui program Adiwiyata di kelas VII MTs Negeri 4 Tulungagung menggunakan metode konvensional. 2) Pemahaman konsep masing-masing siswa berbeda-beda mengenai materi pencemaran lingkungan. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal yang berupa analisis akibat dari kedua gambar. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan analisis siswa dalam membandingkan akibat yang ditimbulkan dari kedua kejadian pencemaran lingkungan. Selain itu, siswa juga mengalami kesulitan dalam menganalisis solusi yang tepat untuk mengatasi pencemaran lingkungan karena limbah produksi batik. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis solusi limbah produksi batik, serta tidak dijumpai fenomena pencemaran lingkungan akibat produksi batik di lingkungan sekitar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Lingkungan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193026 NIKEN ARININGTYAS
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:02
Last Modified: 26 Oct 2023 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41417

Actions (login required)

View Item View Item