PENGARUH PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA SDN TUNGGULSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

FANY PUTRI KURNIASARI, 12205193243 (2023) PENGARUH PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA SDN TUNGGULSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemahaman Konseptual dan Self Efficacy terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SDN Tunggulsari” ini ditulis oleh Fany Putri Kurniasari, NIM 12205193243, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata Kunci : Pemahaman Konseptual, Self Efficacy, Pemecahan Masalah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah teori bahwa self efficacy atau kepercayaan diri siswa dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa terhusus pada mata pelajaran Matematika yang didasari oleh pemahaman konseptual yang dimiliki siswa. Siswa kurang menyadari akan pentingnya self efficacy dan pemahaman konsep dan kurang optimalnya pemahaman konseptual siswa pada mata pelajaran siswa yang mengakibatkan menurunnya self efficacy yang ada dalam diri siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan teori ideal tersebut kedalam fenomena apakah pemahaman konseptual dan self efficacy berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun ruang pada siswa SDN Tunggulsari Kedungwaru Tulungagung. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu : (1) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman konseptual terhadap pemecahan masalah matematika siswa SDN Tunggulsari Tulungagung? (2) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara self efficacy terhadap pemecahan masalah matematika siswa SDN Tunggulsari Tulungagung? (3) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman konseptual dan self efficacy terhadap pemecahan masalah matematika siswa SDN Tunggulsari Tulungagung?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk menguji adanya pengaruh antara pemahaman konseptual terhadap pemecahan masalah Matematika siswa SDN Tunggulsari, (2) Untuk menguji adanya pengaruh antara self efficacy terhadap pemecahan masalah Matematika siswa SDN Tunggulsari, (3) Untuk menguji adanya pengaruh antara pemahaman konseptual dan self efficacy terhadap pemecahan masalah Matematika siswa SDN Tunggulsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian assosiatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket tes untuk menguji pemahaman konseptual serta angket kuesioner untuk menguji self efficacy dan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN Tunggulsari Tulungagung yang berjumlah 190 siswa, sedangkan sampel dari penelian ini yaitu siswa kelas V yang diambil menggunakan teknik non probabli sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman konseptual terhadap kemampuan pemecahan yang ditunjukkan dari Thitung 4,533 > T tabel 2,037. Siswa dengan tingkat pemahamn konseptual yang tinggi akan mempunyai kemampuan yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika yang ditunjukkan dari Thitung 2,824 > T tabel 2,037. Siswa yang mempunyai tingat self efficacy yang tinggi akan mempunyai keyakinan dan kepercayaan yang baik terhadap dirinya, sehingga siswa mampu belajar dengan kesiapan psikologis yang baik (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman konseptal dan self efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika yang ditunjukkan dari Fhitung 10,276 > F tabel 3,305. Jika semakin baik pemahaman konseptual dan self efficacy siswa, maka kemampuan pemecahan masalah matematika siswa akan baik pula.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12211193015 Jayanti Ryan Pratiwi
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:43
Last Modified: 25 Oct 2023 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41424

Actions (login required)

View Item View Item