PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWTOON BERMUATAN SOAL BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SMA

DINA FAUZIYAH, 12212193111 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWTOON BERMUATAN SOAL BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SMA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (475kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Powtoon Bermuatan Soal Berpikir Kritis Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA”, ini ditulis oleh Dina Fauziyah, NIM. 12212193111, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Powtoon, Berpikir kritis, Termokimia Kesulitan siswa dalam memahami materi termokimia yaitu membedakan kalor dan suhu, identifikasi reaksi eksoterm dan endoterm, serta sistem dan lingkungan pada reaksi berlangsung. Guru hanya menggunakan media pembelajaran berupa ppt berisikan tulisan saja dan guru belum pernah menerapkan media selain ppt pada saat pembelajaran yang menyebabkan siswa merasa bosan. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang menarik dan mampu menggambarkan materi termokimia yaitu dengan menggunakan multimedia pembelajaran berbantuan powtoon. Penggunaan aplikasi powtoon dalam pembuatan video animasi sangat mudah diakses dengan fitur yang tersedia sangat luas dan pengaturan yang sederhana. Soal berpikir kritis dapat memungkinkan siswa untuk mengidentifikasi masalah serta dapat memberikan dukungan terhadap keterbaruan media powtoon sehingga dapat mendorong siswa untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan produk dan proses pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia powtoon 2) mengetahui tingkat kevalidan media 3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara untuk mengetahui analisis pengembangan media, lembar validasi untuk menguji kelayakan produk dan angket untuk mengetahui respon siswa kelas XI SMAN 1 Tulungagung sebanyak 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data deskriptif kualitatif dari hasil wawancara, dan analisis data kuantitatif deskriptif dari hasil validasi tim ahli serta angket respon siswa dengan cara menghitung nilai persentase rata-ratanya. Hasil penelitian berupa 1) multimedia pembelajaran berbantuan powtoon bermuatan soal berpikir kritis pada materi termokimia yang dikembangkan melalui tahapan analyze, design, development, implementation dan evaluation. 2) Hasil validasi tim ahli memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 86% dengan kategori sangat baik. 3) Hasil respon siswa pada uji coba lapangan terhadap multimedia pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan nilai persentase sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut media yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran serta dapat digunakan sebagai acuan atau data pendukung pengembangan media pembelajaran lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193111 DINA FAUZIYAH
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:26
Last Modified: 25 Oct 2023 06:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41426

Actions (login required)

View Item View Item