STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR'AN PADA PESERTA DIDIK DI MTSN 1 BLITAR

MOHAMMAD IMAM MUTTAQIN, 12201173167 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR'AN PADA PESERTA DIDIK DI MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (546kB)

Abstract

Skripsi “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al- Qur’an Pada Peserta Didik Di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Mohammad Imam Muttaqin, NIM 12201173167, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggaung, Pembimbing Prof. Dr. H Imam Fu’adi, M.Ag Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi, Menghafal Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi seorang pendidik untuk meningkatkan motivasi didalam proses menghafal al-Qur’an, karena peserta didik menganggap menghafal al-Qur’an sangat sulit. Sehingga guru melaksanakan suatu usaha atau strategi dalam proses mengajar supaya meningkatnya motivasi menghafal al-Qur’an para peserta didik. Hal yang demikian tersebut sangat menarik untuk diteliti, supaya dapat diketahui bagaimana strategi guru untuk meningkatkan motivasi menghafal al-Qur’an. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Intrinsik Menghafal Al-Qur’an pada Peserta Didik di MTsN 1 Blitar? (2) Bagaimana Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Ekstrinsik Menghafal Al-Qur’an pada Peserta Didik di MTsN 1 Blitar? (3) Bagaimana Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Meningkatkan Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Menghafal Al-Qur’an pada Peserta Didik di MTsN 1 Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekaan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder, sumber data primer meliputi guru Al-Qur’an yang ada di MTsN 1 Blitar dan peserta didik, sedangkan dari sumber data sekunder yaitu dengan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecean keabsahan data dengan triangulasi, menggunakan bahan referensi, pengecekan. Hasil dari penelitian ini bahwa: (1)Strategi guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik menghafal al-Qur’an pada peserta didik di MTsN 1 Blitar adalah sebagai berikut: adanya minat, adanya kemauan, adanya ketertarikan, adanya cita- cita, adanya tujuan, dan adanya rasa tanggung jawab. (2) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik menghafal Al-Qur’an pada peserta didik di MTsN 1 Blitar adalah sebagai berikut: pemberian penghargaan, pemberian perhatian, pemberian pujian, pemberian angka.(3) Faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik menghafal Al- Qur’an pada peserta didik di MTsN 1 Blitar adalah sebagai berikut: Faktor penghambat diantaranya : kurang adanya minat dan semangat, dan kurang adanya dukungan. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu: motivasi, diajarkan oleh guru professional, manajemen waktu, dan kecerdasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173167 MOHAMMAD IMAM MUTTAQIN
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:37
Last Modified: 26 Oct 2023 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41428

Actions (login required)

View Item View Item