PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS 4 DI MI AL HIDAYAH 2 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

DENNY AHMAD FAHREZI, 12205193179 (2023) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS 4 DI MI AL HIDAYAH 2 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAI ISI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas 4 Di Mi Al Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Denny Ahmad Fahrezi, NIM. 12205193179, pembimbing Dr. Muhammad Zaini , M.A Kata Kunci : Reward, Motivasi, Hasil Belajar Pembelajaran yang cenderung berpusat pada gurukurang melibatkan peran aktif siswa dalam memperoleh pengetahuan sehingga menyebabkan banyak siswa kurangnya motivasi untuk brlajar aqidah akhlak. Hal ini terjadi karena kegiatan pembelajaran belum menggunakan metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk berperan aktif di kelas. Oleh karena itu, perlu adanya suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. reward dapat diartikan sebagai hadiah jika siswa saat pembelajaran mendapatkan njilai terbaik. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji dan membuktikan pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar kelas 4 pada mata pelajaran aqidah akhlak. (2) Untuk menguji dan membuktikan pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar kelas 4 pada mata pelajaran aqidah akhlak. (3) Untuk menguji dan membuktikan pengaruh pemberian reward terhadap motivasi dan hasil belajar kelas 4 pada mata pelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi exsperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 4 betak kalidawir Tulungagung ini adalah berjumlah 39 peserta didik. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas 4A yang berjumlah 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas 4B berjumlah 19 peserta didik sebagai kelas kontrol. Sampel diperoleh melalui nonprobability sampling jenis purposive sampling. karena sampel yang karakternya sudah ditentukan dan diketahui lebih dahulu berdasarkan ciri dan sifatnya. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan instrumen tes pilihan ganda dan data motivasi belajar menggunakan angket motivasi belajar. Instrumen pengukuran sebelum digunakan untuk memperoleh data, dilaksanakan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Teknik analisis data statistik parametris dengan menggunakan uji independennt ttest dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahawa:(1) Ada pengaruh yang signifikan dalam pemberian reward terhadap motivasi belajar. Hal ini dilihat dari perolehan 2,686 dan Sig. (2-tailed) adalah 0,12, karena atau 2,686 1,695 dan Sig. (2-tailed) 0,12 < 0,05 maka ditolak dan diterima. (2) Ada pengaruh yang signifikan dalam pemberian reward terhadap hasil belajar. Hal ini dilihat dari perolehan 3,002 dan Sig. (2-tailed) adalah 0,005, karena atau 3,002 0,005 dan Sig. (2-tailed) 0,005 < 0,05 maka ditolak dan diterima. (3) Ada pengaruh yang dignifikan dalam pemberian reawrd terhadap motivasi dan hasil belajar. Hal ini dilihat dari Sig. (2-tailed) < nilai probability yaitu 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam pemberian reward terhadap motivasi dan hasil belajar pada materi aqidah akhlak siswa kelas 4 di MI Al-Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193179 DENNY AHMAD FAHREZI
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:44
Last Modified: 26 Oct 2023 08:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41430

Actions (login required)

View Item View Item