PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT BERBASIS MACROS ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII SMPN 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

MARIYA ULVA KHASANAH, 12204193084 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT BERBASIS MACROS ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII SMPN 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (791kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (739kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Berbasis Macros Animasi Terhadap Hasil Belajar Materi Garis Dan Sudut Siswa Kelas VII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Mariya Ulva Khasanah, NIM. 12204193084 Pembimbing: Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Power Point, Basis Macros, Animasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih belum menggunakan media pembelajaran dan masih menggunakan metode konvensional dalam menyampaikan materinya, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Macros Animasi dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran Power Point berbasis macros animasi. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional. (3) Untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Power Point berbasis macros animasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalidawir tahun ajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t independent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Skor hasil belajar siswa ketika menggunakan media Power Point berbasis Macros Animasi diperoleh skor rata – rata sebesar 86,00. (2) Skor hasil belajar siswa ketika menggunakan metode konvensional diperoleh skor rata – rata 78,43. (3) Ada pengaruh media pembelajaran Power Point Berbasis Macros Animasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir pada materi Garis dan Sudut dengan nilai Sig. (2-Tailed) 0,002 < 0,05 atau sebesar 84% dan tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193084 MARIYA ULVA KHASANAH
Date Deposited: 25 Oct 2023 09:17
Last Modified: 25 Oct 2023 09:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41450

Actions (login required)

View Item View Item