PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMPI ALFATTAHIYYAH NGRANTI TULUNGAGUNG

PUTRI SHINTA NUR RIWAYAH, 12204193153 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMPI ALFATTAHIYYAH NGRANTI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Salah satu faktor yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar adalah pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif dan hanya berpusat pada guru. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang inovatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Selain model pembelajaran, media pembelajaran juga menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, antusias belajar siswa dan pemahaman siswa. Salah satu model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran problem based learning dan media pembelajaran video animasi powtoon. Dengan model pembelajaran problem based learning siswa dapat turut aktif dalam pembelajaran dan media pembelajaran video animasi powtoon dapat dijadikan sebagai perantara dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan baik dan menarik. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media video animasi powtoon terhadap hasil belajar matematika pada materi statistika siswa kelas VIII di SMPI Al-Fattahiyyah Ngranti Tulungagung. 2) Mengetahui besar pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media video animasi powtoon terhadap hasil belajar matematika pada materi statistika siswa kelas VIII di SMPI Al-Fattahiyyah Ngranti Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan post-test only control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media video animasi powtoon terhadap hasil belajar matematika materi statistika siswa kelas VIII SMPI Al-Fattahiyyah Ngranti Tulungagung. 2) Besar pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media video animasi powtoon terhadap hasil belajar dapat dilihat dari hasil perhitungan effect size pada uji – t dan diperoleh effect size sebesar 0,136. Berdasarkan kriteria besar pengaruh tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193153 PUTRI SHINTA NUR RIWAYAH
Date Deposited: 25 Oct 2023 09:20
Last Modified: 25 Oct 2023 09:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41453

Actions (login required)

View Item View Item