PENANAMAN NILAI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

DITYA LARASATI, 12201193245 (2023) PENANAMAN NILAI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (453kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (700kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

ABSTRAK Ditya Larasati, NIM 12201193245. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik Kelas XI di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Evy Ramadina, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci: nilai-nilai PAI, religiusitas Adapun yang melatarbelakangi masalah penelitian ini yaitu masa-masa sekarang ini para pemuda pemudi, siswa-siswi, dan remaja sangat membutuhkan dan harus dibekali dengan nilai-nilai pendidikan agama islam yang diajarkan melalui proses pembelajaran di sekolah. Diharapkan dengan adanya penanaman nilai-nilai agama islam di sekolah peserta didik mampu untuk meningkatkan religiusitas dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya pendidikan agama islam ini sangat dibutuhkan oleh anak mulai dari usia dini untuk bekal tumbuh kembangnya agar di dalam kehidupan dapat terarah dalam berfikir dan bertingkah laku. Sebagaimana mestinya dalam dunia pendidikan, pembelajaran agama islam sangatlah diperlukan sebagai tameng untuk diri sendiri serta meningkatkan religiusitas di tengah kehidupan yang dewasa sekarang ini. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai akhlak pada peserta didik kelas XI IPS di SMA 1 Campurdarat ? bagaimana penanaman nilai aqidah pada peserta didik kelas XI IPS di SMA 1 Campurdarat ? bagaimana penanaman nilai ibadah pada peserta didik kelas XI IPS di SMA 1 Campurdarat ? bagaimana tingkat religiusitas peserta didik kelas XI setelah ditanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai akhlak, nilai aqidah, nilai ibadah, dan tingkat religiusitas peserta didik setelah ditanamkannya nilai-nilai pendidikan agama islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu wakasek kurikulum, wakasek kesiswaan, guru PAI, dan siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan uji credibility (validitas interbal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas), confirmability (obyektifitas). Hasil penelitian. Yang pertama yaitu nilai akhlak yang ditanamkan pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Campurdarat seperti kegiatan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) ada hafalan surat-surat pendek, istighosah, kegiatan REMAS (Remaja Masjid), shalat jum’at, shalat dzuhur berjamaah, menyapa dan memberi salam ketika bertemu dengan bapak/ibu guru. Yang kedua yaitu nilai aqidah yang ditanamkan pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Campurdarat seperti infaq pada hari Jum’at, jujur saat ujian, saling tolong-menolong. Yang ketiga yaitu nilai ibadah yang ditanamkan pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Campurdarat seperti shalat dzuhur, puasa di bulan ramadhan, kegiatan zakat di sekolah. Yang keempat yaitu tingkat religiusitas peserta didik kelas XI setelah ditanamkannya nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yakni Menjalankan shalat dzuhur berjamaah maupun tidak berjamaah, puasa ramadhan, zakat di sekolah, membantu teman yang kesusahan, membaca surat-surat pendek. Percaya kepada Allah, malaikat, rasul, dan kitab suci. Hal tersebut termasuk ke dalam 5 dimensi religiusitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193245 DITYA LARASATI
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:09
Last Modified: 26 Oct 2023 07:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41470

Actions (login required)

View Item View Item