PENGEMBANGAN E-MODUL KONTEKSTUAL INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI EXE-LEARNING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA/MA

LAILA AKTI ARIFINA, 12212193042 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL KONTEKSTUAL INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI EXE-LEARNING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (738kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengembangan E-Modul Kontekstual Interaktif Berbantuan Aplikasi eXe-Learning Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA” ini ditulis oleh Laila Akti Arifina, NIM. 12212193042, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul Kontekstual Interaktif, eXe-Learning, Kesetimbangan Kimia E-Modul mampu memfasilitasi pembelajaran kimia dikarenakan tampilan yang disajikan bervariasi dan bersifat interaktif. Adapun bahan ajar seperti modul memiliki kekurangan yaitu penyajian yang kurang menarik dan monoton sehingga siswa mudah merasa bosan serta kurangnya fasilitas pendukung di sekolah. Pemanfaatan e-modul berbasis teknologi mampu memudahkan siswa yang mengalami kesulitan pemahaman materi kimia salah satunya materi kesetimbangan kimia. Kesetimbangan kimia merupakan materi abstrak/sulit sehingga diperlukan fasilitas yang mendukung. Salah satu bahan ajar yang dikemas secara digital dan mampu memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran yaitu Modul Elektronik (e-modul). Peneliti mengembangkan e-modul kontekstual interaktif guna memfasilitasi siswa dengan bahan ajar yang menarik dan interaktif pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui proses pengembangan e-modul kontekstual interaktif berbantuan aplikasi eXe-Learning pada materi kesetimbangan kimia, (2) Mengetahui tingkat kelayakan e-modul kontekstual interaktif berbantuan aplikasi eXe-Learning pada materi kesetimbangan kimia, (3) Mengetahui respon siswa terhadap e-modul kontekstual interaktif berbantuan aplikasi eXe-Learning pada materi kesetimbangan kimia. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Namun karena keterbatasan waktu, penelitian hanya dilakukan sampai tahap implementasi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kalidawir Tulungagung yang berjumlah 36 siswa. Observasi awal didasarkan atas wawancara guru kimia dan angket kebutuhan siswa. Data validitas diperoleh berdasarkan angket validasi dosen ahli dan guru serta angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis deksriptif kuantitatif sebagai keperluan evaluasi produk. Hasil penelitian yaitu : (1) E-Modul kontekstual interaktif berbantuan aplikasi eXe-Learning telah dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE dengan dimodifikasi menjadi 4 tahapan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), dan implementation (implementasi). (2) Tingkat kelayakan berdasarkan validasi dosen ahli, menunjukkan bahwa e-modul kontekstual interaktif yang dikembangkan sangat layak dengan persentase rata-rata sebesar 98,72% serta hasil validasi oleh guru kimia menunjukkan bahwa e-modul kontekstual interaktif layak dengan persentase rata-rata sebesar 77,8%. (3) Respon siswa terhadap e-modul kontekstual interaktif berbantuan aplikasi eXe-Learning yang dikembangkan menunjukkan persentase sebesar 75,7% dengan kategori baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > E-Learning
Kimia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193042 Laila Akti Arifina
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:43
Last Modified: 27 Oct 2023 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41500

Actions (login required)

View Item View Item