KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH INTEGRASI MATEMATIKA SISWA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG

AYU NURYANI, 12204193030 (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH INTEGRASI MATEMATIKA SISWA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (442kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (187kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah integrasi matematika sangat penting dalam pembelajaran matematika. Hasil belajar matematika dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah tingkat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah integrasi matematika itu sendiri. Dari temuan di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar matematika rendah. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali perhitungan serta hasil yang diperoleh. Skripsi ini menekankan kepada kemampuan pemecahan masalah integrasi matematika siswa khususnya pada pokok bahasan Aritmatika Sosial. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah integrasi matematika siswa berkemampuan tinggi materi aritmatika sosial di kelas VII SMPN 2 Ngantru Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah integrasi matematika siswa berkemampuan sedang materi aritmatika sosial di kelas VII SMPN 2 Ngantru Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah integrasi matematika siswa berkemampuan rendah materi aritmatika sosial di kelas VII SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Ngantru Tulungagung dengan mengambil 4 subjek siswa kelas VII B, yaitu 2 subjek dengan kemampuan pemecahan masalah integrasi matematika siswa tinggi, dan 2 subjek dengan kemampuan pemecahan masalah integrasi matematika siswa sedang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Analisis data melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui ketekukan pengamat, triangulasi, dan teman sejawat melalui diskusi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Siswa berkemampuan tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah integrasi matematika sangat baik dengan nilai rata-rata 15 dengan nilai persentase 93,75%. (2) Siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah integrasi matematika sangat baik dengan nilai rata-rata 9,5 dengan nilai persentase 59,53%. (3) Tidak ada siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah integrasi matematika rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193030 AYU NURYANI
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:40
Last Modified: 08 Dec 2023 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41512

Actions (login required)

View Item View Item