PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

DHEFY LUCHYTASARY, 12201193164 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (303kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Dhefy Luchytasary, NIM. 12201193164, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Penguatan, Karakter Religius Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena perkembangan jaman dan teknologi yang semakin beragam hingga membawa ke ranah negatif seperti melemahnya kesadaran spiritiual peserta didik akibat dari kurangnya pengawasan dan perhatian orang tua, kurangnya minat belajar, serta perilaku yang menyimpang peraturan. Mengatasi hal tersebut diperlukan peran guru untuk membina peserta didik agar kembali ke ranah yang lebih baik. Pendidikan karakter religius merupakan salah satu pendidikan yang erat kaitannya dengan keagamaan di mana dapat dijadikan dasar dalam membentuk karakter terpuji lainnya. Maka dari itu, peneliti sangat tertarik untuk menelaah peran guru Pendidikan Agama Islam dalam penguatan karakter religius peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin (leader) dalam penguatan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai model (teladan) dalam penguatan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam penguatan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin (leader) dalam penguatan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai model (teladan) dalam penguatan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam penguatan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verivikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik yang mana hasil dari wawancara dicek keabsahannya menggunakan observasi dan dokumentasi, uji tranferabilitas, dependabilitas, dan konformabilitas. Hasil penelitian berdasarkan penarikan kesimpulan menunjukkan bahwa: (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin (leader) dalam penguatan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung adalah mengontrol proses pendidikan, pendorong bakat minat peserta didik di bidang keagamaan, dan bertanggung jawab dalam membuat keputusan. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai model (teladan) dalam penguatan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung adalah guru memberikan keteladan yang menunjukkan karakter berpegang teguh pada ajaran agama melalui aktifitas ibadah dan partisipasi dalam kegiatan keagamaan, serta menanamkan nilai-nilai religius yang mencakup nilai keimanan, ibadah, akhlak, dan sosial kepada peserta didik. (3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam penguatan karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung adalah guru melakukan evaluasi terhadap keseluruhan objek seperti kinerja guru, metode pembelajaran, peniliaian pada peserta didik (mencakup aspek kognitif, afektif, psikomotorik), fasilitas penunjang, serta mencari solusi atas faktor penghambat penguatan karakter religius.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193164 Dhefy Luchytasary
Date Deposited: 27 Oct 2023 08:39
Last Modified: 27 Oct 2023 08:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41514

Actions (login required)

View Item View Item