KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Multisitus di MTs Al Huda Bandung Tulungagung dan MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung)

SAMSUL ARIFIN, 12850121058 (2022) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Multisitus di MTs Al Huda Bandung Tulungagung dan MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Samsul Arifin, 12850121058, 2023. Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu dan daya saing lembaga Pendidikan (Studi Multisitus di MTs Al Huda Bandung Tulungagung dan MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung) tesis, Progran Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dengan dibimbing oleh: (1) Prof. Dr. Mujamil, M.Ag. (2) Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Mutu Pendidikan, Daya Saing Kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting dalam manajemen lembaga pendidikan. Kepemimpinan yang transformatif tentunya akan memberikan dampak secara signifikan terhadap kemajuan dan perkembangan prestasi lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan yang unggul (madrasah yang efektif) menjadi magnet tersendiri bagi konsumen atau pengguna lembaga pendidikan. Kepemimpinan pendidikan Islam yang efektif dapat mengkreasikan terwujudnya berbagai kemajuan dan prestasi. Oleh karena itu, sukses tidaknya lembaga pendidikan Islam dalam mencapai visi, misi, dan tujuannya banyak dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala madrasah. Berangkat dari uraian di atas pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana karisma kepala madrasah dalam meningkatkan mutu dan day saing? (2) Bagaimana kemampuan persuasif kepala madrasah dalam meningkatkan mutu dan daya saing? (3) Bagaimana kemampuan motivasi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu dan daya saing? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, dilanjutkan dengan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas, dependenbilitas, transfarbilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian dalam tesis ini adalah (1) Karisma Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu dan daya saing dengan mengembangkan visi misi yang ideal, menumbuhkan percaya dan rasa bangga kepada kepemimpinan kepala madrasah. (2) Kemampuan persuasif Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu dan daya saing dengan menanamkan pengaruh dan pembentukan komitmen personal pada bawahannya. (3) Kemampuan memotivasi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu dan daya saing dengan pemberian motivasi inspirasonal kepada pengikut, konsolidasi kekuatan pengikut, tindakan tegas serta pemberian pengakuan, penghargaan dan penyelesaian problem yang menghambat transformasi lembaga.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Kepemimpinan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121058 SAMSUL ARIFIN
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:36
Last Modified: 30 Oct 2023 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41520

Actions (login required)

View Item View Item