STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN BACAAN SHOLAT SISWA DI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR

FIKRI ALIF SYAHFIAR, 12201193320 (2023) STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN BACAAN SHOLAT SISWA DI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (350kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (484kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fikih dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Bacaan Sholat Siswa di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir” ini ditulis oleh Fikri Alif Syahfiar, NIM. 12201193320, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S. Ag, M. Pd. Kata Kunci: Strategi, Fikih, Bacaan Sholat Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembelajaran fikih pada MTs Sunan Kalijogo Kalidawir tidak bisa dilepaskan dari hafalan bacaan sholat. Di sana, guru telah memberikan dan mengajarkan ilmu yang sesuai dengan pedoman pembelajaran, namun ada beberapa siswa yang belum maksimal dalam menghafalkan bacaan sholat yang seharusnya wajib dikerjakan lima waktu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep strategi pembelajaran, strategi pengajaran guru fikih di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir, dan mengetahui strategi pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi siswa di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskroptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru fikih, kepala sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan datapenelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru fikih dalam meningkatkan hafalan bacaan sholat melalui strategi aktif, dan metode drill. Dimana hal ini bertujuan bahwa siswa diharuskan menghafalkan bacaan sholat berulang-ulang, biasanya guru juga menggunakan media proyektor supaya siswa lebih paham dan tertarik untuk meningkatkan hafalan bacaan sholat. Setelah itu, guru melakukan evaluasi dengan cara check list untuk mengetahui perkembangan siswa dalam menghafalkan bacaan sholat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193320 FIKRI ALIF SYAHFIAR
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:32
Last Modified: 30 Oct 2023 02:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41536

Actions (login required)

View Item View Item