PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI LAJU REAKSI

MEGA FEBRIANTARI, 12212193112 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI LAJU REAKSI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (340kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

Skripsi berjudul “Pengembangan Media Komik Berbasis Multipel Repesentasi Pada Materi Laju Reaksi” ini ditulis oleh Mega Febriantari, NIM.12212193112, dengan pembimbing Bu Ifah Silfianah, M.Pd. Kata kunci: Media Komik, Multipel Representasi, Laju Reaksi Pergeseran paradigma proses pendidikan dari pengajaran ke pembelajaran telah memberi tantangan baru bagi pendidik dalam melaksanakan tugasnya di kelas. Pendidik dituntut untuk lebih kreatif mengamati berbagai persoalan yang terjadi saat proses berlangsung, salah satunya dengan membuat inovasi media yang menarik. Kesulitan peserta didik dalam memahami materi kimia termasuk materi laju reaksi juga bisa disebabkan oleh kurangnya daya tarik media atau penyajian materi pendidikan dan pembelajaran yang digunakan pendidik disekolah, karena dalam pembelajaran kimia dari hasil observasi pendidik lebih sering menggunakan media buku, Power Point, games, dan teknik ceramah. Oleh karena hal tersebut diatas, penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media komik berbasis multipel repesentasi pada materi laju reaksi, 2) menguji kevalidan media komik berdasarkan penilaian para ahli, dan 3) mengetahui respon peserta didik terhadap media komik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE yang menggunakan tiga tahapan saja yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), dan Development (Pengembangan).Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu pedoman wawancara untuk mencari potensi dan masalah, angket validasi untuk mengetahui tingkat kevalidan media komik, dan angket respon peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan.Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatifdan kuantitatif deskriptif. 1) Hasil penelitian ini berupa media komik berbabasis multipel representasi pada materi laju reaksi yang dikembangkan menggunakan aplikasi Canva, Chem 3D, Chem Draw, dan website Heyzine. 2) Media komik ini mendapatkan persentase dari ahli materi sebesar 90,7% dengan kriteria sangat valid atau layak. Sementara itu, hasil validator dari ahli media memperoleh persentase sebesar 95,2% dengan kriteria sangat valid atau layak. 3) Respon peserta didik terhadap media komik berbasis multipel representasi mendapat respon yang sangat positif. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil angket respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 85,3% dengan kriteria sangat valid atau layak. Dengan demikian, media komik berbasis multipel representasi pada materi laju reaksi layak digunakan dalam proses pembelajaran kimia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193112 MEGA FEBRIANTARI
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:54
Last Modified: 30 Oct 2023 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41542

Actions (login required)

View Item View Item