TITIK PUSPITA SARI, 12205193050 (2023) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD ISLAM AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (526kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (326kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (821kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Hubungan Bimbingan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta didik SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Titik Puspita Sari, NIM 12205193050, pembimbing Dr. H. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Hubungan, Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya teori yang mengatakan bahwa bimbingan belajar dan motivasi belajar sangat berperan penting terhadap prestasi belajar peserta didik. Bimbingan belajar merupakan bantuan yang diberikan pendidik kepada peserta didik dalam proses pembelajaran, semakin tinggi motivasi dalam mengikuti bimbingan belajar maka semakin baik pula prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah :1) Adakah hubungan antara bimbingan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?, 2) Adakah hubungan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?, 3) Adakah hubungan antara bimbingan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk membuktikan hubungan antara bimbingan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, 2) Untuk membuktikan hubungan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, 3) Untuk membuktikan hubungan antara bimbingan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 25 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah: 1) Ada hubungan bimbingan belajar dengan prestasi belajar peserta didik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2022/2023, ditunjukkan oleh nilai Sig. sebesar 0.000 (0.000 < 0.05) dan nilai Thitung lebih besar dari Ttabel (4.157 > 2.069). 2) Ada hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2022/2023, ditunjukkan oleh nilai Sig. sebesar 0.001 (0.001 < 0.05) dan nilai Thitung lebih besar dari Ttabel (2.170 > 2.069). 3) Ada hubungan bimbingan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar peserta didik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2022/2023, ditunjukkan oleh nilai Fhitung 17.445 > Ftabel 3.42 dan nilai signifikan 0.000 < 0.05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193050 TITIK PUSPITA SARI |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 03:14 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 03:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41549 |
Actions (login required)
View Item |