PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG

MOHAMMAD MUCHLIS IRFANUDIN, 17207163001 (2023) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrassah dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Mohammad Muchlis Irfanudin dengan promotor Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah, Mutu Peserta Didik Peran kepala madrasah menjadi salah satu pendukung utama keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Dalam hal ini, kemampuan manajerial seorang kepala madrasah merupakan faktor utama siklus perkembangan lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Kepala Madrasah juga memiliki peran yang sangat urgen dalam peningkatan kualitas dari lembaga pendidikan yang dipimpin berdasarkan tujuan bersama. Penulis menggali data terkait peran kepala madrassah dalam meningkatkan mutu peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan mutu peserta didik?; (2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu peserta didik?; (3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai edukator dalam meningkatkan mutu peserta didik? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) Kepala MTsN 2 Tulungagung memahami kondisi tenaga pendidik/kependidikan di madrasah, mulai dari latar belakang hingga kinerjanya; (2) Kepala MTsN 2 Tulungagung menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh warga madrasah; (3) Kepala MTsN 2 Tulungagung memahami visi dan misi sekolah kemudian dilakukan Implementasi dari Visi Misi yang ada; (4) Kepala Madrasah memberdayakan tenaga pendidikan melalui MGMP, Workshop, Diklat, Seminar, dan lain-lain; (5) Kepala MTsN 2 Tulungagung Melibatkan semua tenaga pendidik/kependidikan dalam kegiatan madrasah; (6) Kepala MTsN 2 Tulungagung menempatkan tenaga pendidik/kependidikan sesuai dengan bidangnya; (7) Kepala MTsN 2 Tulungagung mampu menciptakan iklim madrasah yang kondusif sehingga memberikan kenyamanan para pegawai dalam menjalankan proses pendidikan; (8) Kepala MTsN 2 Tulungagung sering memberikan pengarahan berupa nasihat kepada warga madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163001 MOHAMMAD MUCHLIS IRFANUDIN
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:42
Last Modified: 07 Nov 2023 01:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41552

Actions (login required)

View Item View Item