UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK PERSEPSI DAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM ARIYOJEDING KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

DITA RIRIS ARLINA, 12201193301 (2023) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK PERSEPSI DAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM ARIYOJEDING KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (528kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Upaya Guru dalam Membentuk Persepsi dan Karakter Disiplin Siswa di MTs Darussalam Ariyojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung" ditulis oleh Dita Riris Arlina, NIM.12201193301, Program Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Upaya, Guru Akidah Akhlak, Persepsi, Karakter Disiplin Penelitian ini dilatar belakangi oleh krisisnya nilai kedisiplinan siswa utamanya di lingkungan sekolah. Dalam lembaga pendidikan guru memegang peran yang paling penting dalam proses belajar siswa. Tidak hanya terkait pengetahuan seputar perolehan aspek kognitif, namun juga harus memperhatikan bagaimana aspek afektifnya. Aspek afektif merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan sikap, watak, perilaku, emosi, minat, serta nilai yang terdapat pada diri individu. Kedisiplinan merupakan suatu kunci seseorang untuk mempermudah jalan dalam menggapai cita-cita. Nilai yang paling dijunjung tinggi oleh setiap masyarakat di dunia ini adalah kedisiplinan. Disiplin berkontribusi terhadap kebahagiaan seseorang, kemajuan masyarakat serta kesuksesan suatu organisasi. Melalui disiplin, kehidupan seseorang tidak didekte oleh perasaan. Karakter disiplin yang paling baik adalah yang ditimbulkan dari diri sendiri (self imposed discipline), yang timbul atas dasar kerelaan, kesadaran, bukan atas dasar paksaan atau ambisi tertentu. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana persiapan guru akidah akhlak dalam membentuk persepsi dan karakter disiplin siswa di MTs Darussalam Ariyojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana implementasi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin siswa di MTs Darussalam Ariyojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung? 3) Bagaimana hasil guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin siswa di MTs Darussalam Ariyojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam membentuk persepsi dan karakter disiplin siswa di MTs Darussalam Ariyojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisisnya dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian upaya guru dalam membentuk persepsi dan karakter disiplin siswa di MTs Darussalam Ariyojeding yakni, 1) Persepsi guru dalam membentuk kedisiplinan siswa. a) Kedisiplinan tentang waktu, b) Kedisiplinan dalam menggunakan Bahasa, c) Kedisiplinan tentang sikap, d) Kedisiplinan tentang sosial (lingkungan), e) Kedisiplinan dalam beribadah. 2) Implementasi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin antara lain: a) Rutinan kegiatan pembiasaan yang dibuat sebagai kebijakan madrasah untuk melatih siswa menerapkan kedisiplinan b) Guru sebagai sosok teladan yang dijadikan panutan oleh siswa untuk menerapkan kedisiplinan c) Penyadaran, penyadaran yang dilakukan oleh guru tidak langsung dalam bentuk hukuman, melainkan terlebih dahulu guru melakukan pendekatan untuk mengetahui keadaan siswa yang sesungguhnya, kemudian jika pelanggaran dilakukan lebih dari tiga kali maka guru memberikan hukuman agar siswa tidak lagi mengulangi kesalahan yang dilakukan d) Pengawasan, guru melakukan pengawasan untuk memantau siswa dalam menerapkan kedisiplinan. 3) Hasil guru dalam membentuk karakter disiplin siswa adalah A) hasil positif meliputi: a) Tingkat kedisiplinan siswa yang meningkat b) Siswa menjadi lebih bertanggung jawab c) Meningkatkan kualitas seorang guru d) Tercipta lingkungan madrasah yang menjunjung tinggi nilai kedisiplinan B) Hasil negatif meliputi: a) Masih ditemukan siswa yang melakukan pelanggaran terhitung sekitar 12% b) Guru perlu lebih intens dalam mendorong kedisiplinan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193301 DITA RIRIS ARLINA
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:24
Last Modified: 30 Oct 2023 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41560

Actions (login required)

View Item View Item