ROHANA NUR ALDIANTI, 12211193090 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KEMAGNETAN SISWA KELAS IX DI MTS AL HUDA BANDUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (716kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran discovery learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTs Al Huda Bandung” ini ditulis oleh Rohana Nur Aldianti, NIM 12211193090, Prodi Tadris Fisika (TFIS), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh HUsni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kemampuan berpikir kritis sangat penting dimiliki siswa namun kenyataanya kemampuan berpikir kritis masih kurang dimiliki siswa. Siswa masih kesulitan untuk melakukan analisis, mengidentifikasi dan menentukan tindakan yang harus dilakukan. Selain itu hasil belajar siswa pada materi kemagnetan yang masih rendah. Hal ini dikarenakan selama proses pembelajaran siswa masih bersifat pasif sehingga diperlukan model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center). Model pembelajaran discovery learning diharapkan mampu membantu siswa untuk aktif selama proses pembelajaran, sehingga kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi kemagnetan siswa kelas IX MTs Al Huda Bandung, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar materi kemagnetan siswa kelas IX MTs Al Huda Bandung, (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar materi kemagnetan siswa kelas IX MTs Al Huda Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Nonequivalent Control Group design. Populasi pada penelitian ini 109 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas IX E 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga uji, yaitu Uji Instrument (Uji Validitas dan Reliabilita), Uji Prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas), Uji Hipoesis Uji-t dan Uji Manova). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi kemagnetan siswa kelas IX MTs Al Huda Bandug. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data yang diperoleh nilai Sig.(2-tailed)<(0,05= 0,042<0,05 (2) Ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar materi kemagnetan siswa kelas IX Mts Al Huda Bandung. Hal ini diunjukkan dengan hasil pengolahan data yang diperoleh nilai Sig.(2-tailed)<0,05 = 0,000<0,05. (3) Ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar materi kemagnetan siswa kelas IX MTs Al Huda Bandung. Hal ini berdasarkan nilai signifikansinya 0,000<0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211193090 ROHANA NUR ALDIANTI |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 07:32 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 07:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41571 |
Actions (login required)
View Item |